Apa itu Sistem Pemantauan Kendaraan berbasis lot?

Sistem pemantauan kendaraan adalah produk perangkat lunak yang digunakan bisnis untuk melacak keberadaan truk, trailer, dan kendaraan lainnya. Bisnis dapat memperoleh informasi real-time tentang keberadaan kendaraan mereka berkat koneksi perangkat lunak ke sistem GPS kendaraan.

Sistem ini sering disebut sebagai sistem manajemen armada, meskipun sistem ini dapat melakukan lebih dari sekadar melacak keberadaan kendaraan. Perangkat lunak manajemen armada khusus juga menawarkan bantuan lain untuk memantau perilaku mengemudi, penggunaan bahan bakar, dan penyewaan atau keuangan kendaraan.

Pelacakan kendaraan adalah investasi yang bijak, terlepas dari apakah Anda perlu memantau mobil bisnis yang dikemudikan oleh staf Anda atau mengelola armada kendaraan yang digunakan untuk mengirimkan barang ke seluruh negeri.

Tapi apa keuntungannya, dan mengapa Anda membutuhkan manajemen armada dan sistem pemantauan kendaraan berbasis loT?

Mari kita cari tahu!

Mengapa Anda Membutuhkan Sistem Pemantauan Kendaraan Berbasis loT? Manfaat Teratas!

Sistem pemantauan kendaraan berbasis loT dapat memberikan banyak keuntungan, seperti peningkatan keselamatan pengemudi dan biaya yana lebih rendah. Keunggulan tersebut d meningkatkan produksi dan efisiensi perusahaan serta bermanfaat bagi pemilik armada armada kendaraan berat. Berikut beberapa lainnya:

1. Rute Armada yang Mudah

Keuntungan utama menggunakan sistem pemantauan kendaraan berbasis loT adalah menemukan rute terpendek untuk transit barang. Rute yang cepat dan langsung dapat membuat dampak yang tidak berarti pada pengiriman kargo yang tepat waktu atau tidak tepat waktu. Untuk memastikan bahwa semua produk dikirimkan ke pelanggan sebelum tenggat waktu, manajer armada memiliki dampak yang besar.

Manajer armada dapat memantau kondisi lalu lintas jalan berkat solusi pelacakan kendaraan dengan menggabungkan informasi kemacetan lalu lintas dengan faktor lain, seperti kondisi jalan dan prediksi cuaca. Manajer armada dapat memandu pengemudi mereka untuk menghindari rute yang dapat menyebabkan keterlambatan pengiriman kargo.

2. Efisiensi Bahan Bakar Lebih Baik

Anda dapat meningkatkan jarak tempuh armada dan memaksimalkan sumber daya bahan bakar Anda dengan pengemudi yang baik dan armada yang terawat baik. Sumber daya bahan bakar habis sebagai akibat dari pemalasan dan pencurian bahan bakar. Keduanya dapat dilawan dengan sistem pemantauan kendaraan berbasis loT. Pemantauan level bahan bakar waktu nyata dimungkinkan menggunakan sensor, dan kamera yang menghadap pengemudi dapat digunakan untuk mencegah pencurian.

Volume bahan bakar dan kecepatan konsumsi mesin diukur dengan sensor yang dipasang di tangki bahan bakar. Dengan memeriksa data yang dihasilkan sensor ini. Anda dapat memastikan bahwa truk menggunakan bahan bakar seefisien mungkin. Dan truk tidak dibiarkan menganggur jika tidak perlu. Selain itu, bisnis dapat menggunakan sensor ini untuk memantau pencurian atau kehilangan bahan bakar dari tangki bahan bakar kendaraan.

3. Pemulihan Kendaraan Mudah

Memiliki akses ke lokasi kendaraan setiap saat memberikan keuntungan bagi pengemudi dan kendaraan Anda dalam hal keselamatan dan keamanan. Dari sudut pandang pencegahan kejahatan, manfaatnya jelas: jika kendaraan dicuri, Anda dapat melacaknya dan membantu polisi melacak dan memulihkannya. Sekali lagi, jika kendaraan mogok, lokasinya dapat ditentukan dalam hitungan detik, memungkinkan pemulihan segera. Demikian pula, saat terjadi kecelakaan, lokasi tepat pengemudi dapat dipilih dan diteruskan ke otoritas darurat yang sesuai. Kecepatan ini bisa menyelamatkan nyawa jika kecelakaan itu parah.

4. Memastikan Keamanan Lebih Tinggi

Melalui perpaduan antara alarm di dalam kendaraan, pelacakan layanan dan pengemudi, dan perencanaan logistik yang lebih baik, perangkat lunak sistem pelacakan logistik dapat mengurangi kecelakaan dan kematian. Sistem pemantauan kendaraan dapat menyelamatkan nyawa karyawan dan menjadi alat yang berguna untuk manajemen armada. Dengan memperingatkan pengemudi tentang kondisi jalan yang berpotensi berbahaya dan masalah mekanis, alarm di dalam kendaraan dapat menjadi bantuan keselamatan yang penting.

Selain itu, peringatan dapat dikonfigurasi untuk membunyikan alarm jika kecepatan yang diizinkan terlampaui, lalu lintas yang lamban atau padat terlihat, atau terjadi akselerasi yang tidak normal. Saluran komunikasi yang lebih baik antara pengemudi dan manajemen armada dimungkinkan dengan mendapatkan sistem pemantauan kendaraan khusus dari layanan pengembangan IoT teratas. Kendaraan armada dapat dialihkan untuk menghindari cuaca buruk dan area padat menggunakan GPS canggih.

5. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Anda dapat meningkatkan tingkat layanan dan mematuhi persyaratan hukum dengan informasi waktu nyata tentang rute dan kinerja kendaraan. Dengan informasi kargo terkini dan akurat, Anda juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena armada Anda akan lebih mampu melayani permintaan layanan dengan cepat dan sampai ke pelanggan sesuai jadwal. Selain itu, mudah untuk berintegrasi dengan rantai pasokan dan sistem logistik Anda untuk mengirim dan menerima data tentang kendaraan yang sedang transit dan menarik detail pengiriman. Aplikasi untuk manajemen rantai pasokan juga memungkinkan Anda membuat peringatan secara otomat untuk menangani masalah seperti kerusakan kendaraan dan keterlambatan pengiriman. Aplikasi untuk manajemen rantai pasokan juga memungkinkan Anda membuat peringatan secara otomatis untuk menangani masalah seperti kerusakan kendaraan dan keterlambatan pengiriman.

6. Pencatatan Mudah

Karena informasi yang relevan secara otomatis direkam oleh perangkat lunak sistem pelacakan logistik, pencatatan sangat disederhanakan. Selain itu, sistem ini membantu bisnis dalam memelihara catatan karyawan yang akurat tentang waktu kerja dan jarak tempuh kendaraan, yang penting untuk penganggaran dan pelaporan yang efektif. Solusi ini tanpa kertas, yang menghilangkan tugas-tugas yang memakan waktu seperti menca melalui dokumen dan lembar waktu salah arsip.

7. Menurunkan Biaya Perbaikan

Anda dapat mengamati dengan cermat perilaku pengemudi dan menurunkan kemungkinan kecelakaan atau bencana jalan lainnya dengan sistem pemantauan kendaraan berbasis Internet. Pengemudi yang lebih baik menghasilkan lebih sedikit kecelakaan, yang mengurangi biaya perbaikan. Selain itu, akselerometer sistem pemantauan kendaraan dapat melacak tindakan berat seperti akselerasi dan deselerasi mendadak. Hal ini dapat mendorong pengemudi untuk lebih berhati-hati di belakang kemudi dan mengurangi tekanan pada cakram rem, bantalan, dan mesin. Waktu idle mesin yang lama dan RPM tinggi dapat dicatat, yang mungkin merupakan tanda pengemudian yang berisiko atau tidak efektif.

Beberapa manfaat lain menggunakan perangkat lunak sistem pelacakan logistik adalah:

• Total komando atas transportasi di telepon.

• Remote control kendaraan.

• Perangkat lunak sistem pelacakan logistik menunjukkan kondisi kesehatan setiap kendaraan armada sebelumnya, dengan kerusakan yang melebihi ambang batas tertentu yang disorot.

• Pengendalian konsumsi bahan bakar.

• Pencatatan kecelakaan, keadaan darurat, dan pelanggaran pengemudi terhadap peraturar lintas.

Bisnis/Industri mana yang dapat Mendapat Manfaat Secara Signifikan dari Sistem Pemantauan Kendaraan Berbasis loT?

Berikut adalah melihat bagaimana saat ini membantu berbagai industri dan di mana ia mungkin bergerak dalam jangka panjang!

1. Industri E-niaga

Sistem pemantauan kendaraan juga penting bagi industri e-commerce yang berkembang pesat. Untuk memastikan pengiriman terbaik, bisnis menggun sistem tersebut untuk melacak lokas, kondisi kargo. Namun, pelacakan pengiriman e-commerce memberikan data kepada pelanggan dan lebih berfokus pada pengiriman jarak jauh.

Konsumen saat ini menuntut informasi lengkap mengenai pesanan online mereka. Sebagian besar pembeli online modern berharap dapat melacak perkembangan pesanan mereka setiap saat. Tanpa solusi pemantauan kendaraan yang dapat dipercaya, mencapai tingkat visibilitas tersebut mungkin dilakukan.

2. Industri Asuransi

Sektor asuransi adalah penggunaan teknologi ini yang kurang umum tetapi sama menariknya. Asuransi berdasarkan telematika melacak kebiasaan mengemudi kliennya, termasuk akselerasi, pengereman, belokan, dan pola ngebut mereka. Penanggung dapat menggunakan data ini untuk menyesuaikan tarif klien berdasarkan seberapa bertanggung jawab mereka bepergian.

3. Industri Pertanian

Petani dapat menangani traktor dan drone otonom dengan menggunakan sistem pemantauan. Mereka dapat menemukan sendiri, menentukan apakah mereka memerlukan pemeliharaan, dan mengidentifikasi area pertanian yang perlu diperhatikan. Rute yang paling efektif juga dapat ditemukan dengan menggunakan informasi posisi dari traktor dan peralatan lainnya. Sistem ini juga memungkinkan petani untuk menyewakan kendaraan mereka sambil melacak data penggunaan dan pemeliharaan melalui perangkat lunak khusus. Pekerjakan pengembang

perangkat lunak lot untuk mendapatkan perangkat lunak serupa untuk bisnis pertanian Anda. Petani lokal akan menemukan pertanian menjadi lebit. terjangkau berkat sistem ini.

4. Industri Transportasi

Pada skala yang jauh lebih besar daripada bisnis seperti Uber dan lainnya, jaringan transportasi dapat menerapkan teknologi IoT. Mereka dapat mengumpulkan data keselamatan penting, menavigasi jalan- jalan kota dengan cepat, dan memberi penumpang pembaruan waktu-nyata tentang jadwal kedatangan.

Selain itu, kasus penggunaan ini dapat meningkat karena teknologi menjadi lebih luas. Pemantauan kendaraan dapat digunakan oleh otoritas angkutan kota untuk mengontrol lalu lintas dan memberikan pembaruan waktu nyata kepada pengemudi.

5. Layanan Darurat

Menggunakan pemantauan kendaraan dalam layanan darurat adalah contoh lain untuk meningkatkan keselamatan. Data kendaraan real-time digunakan oleh layanan pertama, termasuk tim ambulans, petugas pemadam kebakaran, dan polisi, untuk membantu mereka menjangkau korban lebih cepat. Perangkat lunak pemantauan kendaraan memungkinkan penangan untuk menemukan responden terdekat ketika mereka mendapatkan panggilan darurat.

Kesimpulan

Manajemen armada telah berubah secara dramatis karena teknologi pelacakan kendaraan melalui teknologi loT dan kemampuan analitis dan kognisinya.

Salah satu alat terbaik untuk bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan sistem keselamatan, efektivitas biaya, dan produktivitas armada mereka adalah sistem pemantauan kendaraan berbasis loT. Sistem ini memungkinkan para eksekutif untuk membuat keputusan yang didorong secara analitis untuk memaksimalkan kendaraan dan personel armada mereka dengan mengumpulkan dan mengatur data.

Misalkan Anda adalah pemilik bisnis di industri apa pun, seperti kurir dan pengiriman, pengiriman makanan, medis dan farmasi, dan sebagainya., dan Anda ingin meningkatkan pengiriman dan pelacakan. Dalam hal ini, menggunakan sistem pemantauan kendaraan berbasis loT adalah pilihan terbaik.