Internet of things (IoT) adalah konsep sistem yang dikembangkan dengan menghubungkan sejumlah besar perangkat pintar ke dalam jaringan. Sistem berkemampuan IoT membantu membangun pergudangan yang inovatif dan meningkatkan tingkat otomatisasi. Intinya, mereka membantu merampingkan manajemen inventaris dan mengurangi biaya operasi.

Empat komponen inti dari sistem IoT adalah:

  1. Perangkat dan sensor pintar — Perangkat IoT adalah komponen penting dari gudang cerdas. Sensor pintar dan perangkat IoT mengumpulkan data dan mengirimkannya ke unit pemrosesan.
  2. Konektivitas jaringan — Jaringan berkabel atau nirkabel digunakan untuk menghubungkan perangkat IoT ke dalam satu sistem. Konektivitas jaringan membantu mentransfer semua data yang diperoleh oleh perangkat IoT ke server.
  3. Pemrosesan dan penyimpanan data — Unit pemrosesan atau server yang digunakan untuk menganalisis semua data yang diterima. Juga, dapat menyimpan data untuk penggunaan lebih lanjut.
  4. Antarmuka pengguna — Aplikasi yang membantu pengguna mengakses data mentah atau mendapatkan wawasan yang berguna. Biasanya, layer memiliki bentuk dashboard yang dengan mudah menampilkan informasi yang diperlukan. Selain itu, antarmuka pengguna harus menawarkan kesempatan untuk mengirim perintah untuk membangun manajemen gudang IoT terpusat.

Mari kita periksa contoh IoT yang paling luas dalam aplikasi gudang untuk manajemen dan pemantauan inventaris.

Contoh aplikasi IoT di gudang

  1. Pelacakan Item Otomatis
    Mengembangkan IoT dalam manajemen gudang sangat sulit tanpa pelacakan item yang menyeluruh. Pelacakan item otomatis membantu melacak setiap item yang masuk atau keluar dari fasilitas. Sistem manajemen inventaris harus mengetahui semua detail tentang objek, lokasi mereka saat ini, dan tempat penyimpanan.

Pelacakan item otomatis memiliki bentuk perangkat yang mendeteksi kode, memindainya, dan mengirim informasi tentang aset ke server.

Misalnya, pelacakan item otomatis dapat diadopsi di gudang IoT dengan bantuan perangkat yang memindai kode batang atau tanda di rak yang dipindahkan oleh AGV. Selain itu, pemindai tag RFID dapat dipasang di sabuk untuk melacak semua barang yang lewat.

  1. Rak Penyimpanan Dipindahkan Oleh Robot
    Kendaraan terpandu otomatis yang memindahkan rak penyimpanan adalah salah satu jenis IoT yang paling banyak digunakan dalam manajemen gudang. Robot dapat mengambil rak dengan barang-barang ke zona pengambilan dan pengepakan secara otomatis.

Setelah mengambil produk yang dibutuhkan oleh pekerja, AGV memindahkan rak ke tempat penyimpanan yang ditentukan di gudang. Robot juga dapat secara otomatis membawa rak kosong ke zona pembuangan dan memindahkannya ke zona penyimpanan. Sehingga, pekerja dapat menyimpan produk yang masuk tanpa perlu pindah ke gudang.

Amazon adalah salah satu pengadopsi termuda dari teknologi ini. Perusahaan telah menggunakan kendaraan berpemandu otomatis untuk memindahkan aset di gudangnya selama lebih dari sepuluh tahun.

  1. Pemeliharaan Gudang Cerdas
    Penerapan Internet of things di gudang membantu proses perawatan menjadi tidak terlalu membebani. Pemeliharaan gudang yang cerdas membutuhkan bisnis untuk memasang banyak sensor, aktuator, dan sistem HVAC yang terhubung ke Internet.

Misalnya, gudang pintar rata-rata perlu menyiratkan sensor termostat dan kelembaban yang terhubung ke satu sistem. Sensor pintar melacak lingkungan di gudang dan mengirimkan perintah ke sistem HVAC untuk mempertahankan kondisi yang diperlukan.

Bisnis dapat dengan mudah meningkatkan IoT dalam manajemen gudang dengan memasang berbagai sensor dan aktuator seperti smart lock, sensor kebocoran gas, atau smart bulb.

Manfaat Penerapan IoT dalam Warehouse Management

Adopsi IoT berdampak positif pada manajemen gudang karena perkembangan otomatisasi.

  1. Mengurangi Biaya Operasional
    Otomatisasi manajemen inventaris dan gudang yang disediakan oleh perangkat IoT membantu meminimalkan biaya pengoperasian dan tenaga kerja. Selain itu, perangkat cerdas membantu meningkatkan kinerja dan memberikan wawasan berharga untuk mengurangi biaya pengelolaan gudang.
  2. Pelacakan Waktu Nyata
    Perangkat IoT menawarkan kesempatan untuk melacak semua aset secara real time. Manajer dapat dengan mudah mengakses data live-time dan mengirim perintah yang akan dilakukan secara bersamaan. Ini merampingkan manajemen inventaris dan membantu mengurangi risiko kegagalan.

Misalnya, pemindai RFID yang dipasang di sabuk dapat memindai tag pada item dan mengirimkan data ke sistem manajemen gudang secara langsung. Selain itu, dapat memperbarui informasi pada tag RFID atau menulis detail tambahan.

  1. Peningkatan Manajemen Inventaris
    Dengan bantuan perangkat IoT seperti suar, bisnis dapat melacak lokasi aset secara akurat. Sistem manajemen gudang dapat menyarankan tata letak penyimpanan barang yang paling optimal, memiliki sejumlah besar data di lokasi barang. Akibatnya, perusahaan akan diminta untuk menghabiskan lebih sedikit sumber daya pada aset yang bergerak dan mengirimkannya lebih cepat.
  2. Peningkatan Kinerja
    Otomatisasi membantu melakukan tugas rutin dengan cepat dan tanpa gangguan. Pelacakan waktu nyata dan analisis berbasis data memberikan saran bijak untuk meningkatkan kinerja pekerja dan mengoptimalkan proses pergudangan.
  3. Akurasi Prakiraan yang Ditingkatkan
    Perangkat IoT dan sensor cerdas membantu mengumpulkan data dalam jumlah besar. Ini dapat dianalisis untuk meningkatkan akurasi perkiraan permintaan. Selain itu, perangkat pintar membuat pemeliharaan gudang menjadi lebih transparan sehingga bisnis dapat memprediksi biaya utilitas dengan lebih akurat.
  4. Pemeliharaan Otomatis
    Perangkat IoT membantu mengurangi permintaan tenaga kerja untuk memelihara gudang. Sensor pintar dapat mengumpulkan informasi tentang suhu, kelembaban, kebocoran, dll. Server dapat mengirim perintah untuk menyesuaikan sistem HVAC atau mengaktifkan aktuator secara otomatis, yang terhubung ke satu sistem.
  5. Mengurangi Risiko
    Penggunaan teknologi yang luas membantu meminimalkan risiko kesalahan manusia dalam manajemen gudang. Sensor pintar dapat memberi tahu pekerja tentang kelebihan beban di rak atau kemungkinan tabrakan forklift, menjaga keamanan bisnis dari kecelakaan yang tidak terduga. Selain itu, kunci pintar, kamera, dan sensor gerak dapat meminimalkan risiko penipuan atau pencurian produk.
  6. Analitik Terperinci
    Perangkat pintar membantu mendapatkan analitik mendetail dan wawasan bermanfaat di satu tempat karena perangkat tersebut dapat mengumpulkan dan mengirimkan data mentah dalam jumlah besar melalui jaringan yang berbeda.

IoT dalam manajemen gudang adalah tren baru di industri logistik. Menggunakan teknologi pintar yang disatukan menjadi satu sistem membantu memfasilitasi manajemen inventaris dan mengotomatiskan banyak proses. Pada dasarnya, ini membantu mengurangi biaya operasional, menurunkan risiko, dan meningkatkan kinerja. Pengiriman barang yang lebih cepat juga membantu meningkatkan kepuasan pelanggan.

Pangsa IoT di pasar gudang terus meningkat karena perangkat pintar juga membantu melawan tantangan mendatang dalam manajemen rantai pasokan. Kekurangan tenaga kerja, kelebihan stok, dan salah penempatan aset adalah tantangan utama yang dapat diatasi oleh penggunaan IoT dalam manajemen gudang.