Aplikasi seluler adalah media antara perangkat IoT dan ponsel. Aplikasi ini berfungsi sebagai antarmuka utama tempat kami dapat mengelola hal-hal cerdas. Aplikasi IoT seluler melengkapi dan meningkatkan penggunaan IoT untuk membuatnya bekerja lebih efisien. Misalnya, ponsel Anda dapat memberi tahu mesin kopi bahwa Anda berada di dekatnya, sehingga dapat mulai membuat kopi tepat sebelum kedatangan Anda.

Oke , tapi perangkat IoT bisa dikelola dari desktop. Mengapa saya harus memiliki aplikasi seluler? Anda mungkin bertanya.

Ponsel lebih cocok untuk akses jarak jauh dari manapun Anda berada. Smartphone terisi penuh dengan banyak sensor berbeda. Mereka memiliki lebih banyak opsi konektivitas, seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan lainnya. Dengan bantuan aplikasi IoT seluler, ponsel dapat mengirimkan informasi geolokasi ke perangkat rumah pintar Anda. Misalnya, Tado mengontrol pemanas rumah. Aplikasi melacak posisi Anda, dan, saat Anda berada di dekat rumah, aplikasi akan mulai memanaskan atau mendinginkan rumah sebelum kedatangan Anda. Fitur-fitur ini menjadikan smartphone sebagai perangkat yang paling nyaman untuk pengelolaan teknologi IoT.

Aplikasi seluler bertindak sebagai mediator antara perangkat IoT dan manusia. Alasan utama mengapa aplikasi seluler berada di garis depan IoT adalah karena ponsel pintar kita selalu ada. Juga, smartphone memiliki banyak sensor yang memberikan peluang besar untuk mengelola “perangkat pintar”. Untuk individu, aplikasi IoT seluler memberi mereka kendali atas rumah mereka. Orang-orang dapat mengelola rutinitas sehari-hari mereka dan menikmati pekerjaan dan lingkungan rumah mereka.

Di ranah tata kelola, aplikasi seluler yang mengatur perangkat IoT memastikan kendali atas seluruh kota. Mereka membantu mengurangi konsumsi energi dan air dan mengarah pada optimalisasi infrastruktur kota. Perusahaan kesehatan, logistik, dan transportasi memperoleh keuntungan dan mengelola proses bisnis dengan bantuan IoT dan perangkat seluler.

Pasar untuk aplikasi seluler IoT memiliki prospek yang bagus. Diperkirakan investasi di IoT, serta jumlah perangkat dan aplikasi seluler yang terhubung, akan terus tumbuh secara signifikan.