Perbedaan Lora dan LoraWAN

LoRa dan LoRaWAN sering kali muncul sebagai dua istilah yang banyak dibicarakan, namun tidak jarang terjadi kebingungan mengenai apa sebenarnya perbedaan di antara keduanya. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang teknologi serta perbedaan LoRa dan LoRaWAN. Simak lengkapnya berikut ini!

LoRa Adalah

LoRa (Long Range) adalah teknologi komunikasi nirkabel yang memungkinkan transmisi data jarak jauh dengan konsumsi daya yang rendah. Teknologi ini dirancang untuk komunikasi IoT dengan konektivitas jarak jauh tetapi hanya mengirimkan data kecil. Dengan menggunakan spektrum radio yang tersedia secara luas, LoRa memfasilitasi komunikasi antar perangkat dalam lingkup yang luas, seperti dalam monitoring pertanian, pengelolaan kota cerdas, dan sistem tracking aset.

Sebagai teknologi yang beroperasi pada frekuensi sub-gigahertz, LoRa menawarkan keunggulan dalam menembus hambatan fisik seperti dinding dan bangunan.. Hal ini menjadikannya pilihan yang efektif untuk aplikasi indoor dan outdoor. Selain itu, sistem modulasi yang unik dari LoRa memastikan bahwa komunikasi tetap terjaga meskipun pada kondisi yang menantang sekalipun, seperti pada area industri yang jau dari internet.

LoRaWAN adalah

LoRaWAN (Long Range Wide Area Network) adalah protokol jaringan yang dibangun di atas teknologi LoRa. Protokol ini menyediakan kerangka kerja untuk komunikasi yang aman, biaya rendah, dan efisien energi. LoRaWAN menyederhanakan berbagai aspek jaringan seperti pengaturan keamanan, manajemen sesi, dan optimalisasi alokasi bandwidth, yang memungkinkan implementasi skala besar.

Menggunakan LoRaWAN memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dengan gateway atau stasiun dasar yang kemudian mengirimkan data tersebut ke server jaringan. Jaringan ini sangat efisien dalam penggunaan bandwidth dan juga sangat aman. Fungsi adaptasi laju data yang canggih memungkinkan jaringan untuk menyesuaikan dengan kondisi sinyal di lapangan. Selain itu, optimisasi yang membawa efisiensi operasional dapat memperpanjang umur baterai perangkat yang terhubung.

Perbedaan LoRa dan LoRaWAN

perbedaan lora dan lorawanLoRa dan LoRaWAN sebenarnya mewakili dua komponen berbeda. LoRa merujuk pada teknologi fisik radio yang digunakan untuk komunikasi nirkabel jarak jauh. Sementara, LoRaWAN adalah protokol yang memanfaatkan teknologi LoRa untuk membuat jaringan komunikasi yang aman dan efisien. Jadi, LoRa berfokus pada aspek komunikasi fisik, sedangkan LoRaWAN lebih mengatur bagaimana pesan dikirim dan diterima dalam konteks jaringan yang lebih luas.

Perbedaan lain yang signifikan adalah dalam aplikasi praktis masing-masing. LoRa sebagai teknologi dapat digunakan secara mandiri untuk proyek-proyek kecil atau aplikasi tertentu yang tidak memerlukan arsitektur jaringan yang kompleks. Di sisi lain, LoRaWAN biasanya diadopsi dalam skenario untuk mengelola jumlah besar perangkat dan data. Oleh karena itu, memilih antara LoRa dan LoRaWAN tergantung pada kebutuhan spesifik proyek dan skala yang diinginkan dalam penerapan teknologi.

Kesimpulan

LoRa dan LoRaWAN merupakan komponen-komponen kunci dalam pengembangan jaringan Internet of Things (IoT). LoRa menyediakan kemampuan transmisi data melalui frekuensi radio sub-gigahertz yang sangat cocok untuk aplikasi yang memerlukan penetrasi sinyal yang kuat dan jangkauan luas. Di sisi lain, LoRaWAN memperluas kemampuan LoRa dengan menyediakan sebuah protokol jaringan yang mengatur keamanan, alokasi bandwidth, dan komunikasi antar perangkat secara lebih efisien dan terstruktur.

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more