ups data center

Salah satu komponen dalam data center yang utama yang memastikan data center tetap berjalan tanpa gangguan adalah Uninterruptible Power Supply (UPS). UPS data center berfungsi untuk menyediakan daya cadangan selama pemadaman listrik dan melindungi peralatan dari lonjakan tegangan, fluktuasi daya, dan gangguan lainnya. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu UPS data center dan bagaimana konfigurasinya!

Apa itu UPS Data Center?

Uninterruptible Power Supply atau UPS data center adalah sistem yang menyediakan daya cadangan darurat kepada peralatan di dalam data center ketika terjadi kegagalan atau gangguan pada sumber listrik utama. Sistem UPS data center sangat penting untuk menjaga keberlanjutan operasional data center dan mencegah kerusakan pada peralatan. Dengan adanya UPS, server memiliki waktu untuk melakukan shutdown yang aman.

UPS membantu menstabilkan tegangan listrik dan melindungi peralatan dari lonjakan listrik, tegangan rendah, dan gangguan daya lainnya yang bisa merusak perangkat keras sensitif. Hal ini membuat UPS dapat meminimalkan downtime yang tidak terencana. Biasanya dengan memberikan waktu bagi sistem untuk tetap berjalan sementara perbaikan atau transisi ke sumber daya alternatif dilakukan.

Komponen UPS Data Center

ups data centerMemahami komponen-komponen utama dari UPS data center adalah langkah awal dalam memilih dan mengelola sistem yang efektif. Setiap komponen, mulai dari baterai hingga inverter, memiliki fungsi khusus yang berkontribusi pada stabilitas dan keandalan daya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai komponen UPS data center yang perlu Anda simak!

  1. Baterai: Baterai dalam komponen UPS data center berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang akan digunakan ketika sumber listrik utama terganggu.
  2. Inverter: Inverter sama seperti fungsi biasanya, kompoen ini berguna untuk mengubah arus searah (DC) dari baterai menjadi arus bolak-balik (AC) yang digunakan oleh peralatan data center.
  3. Rectifier: Dalam rectifier, komponen data center ini berfungsi untuk mengubah arus bolak-balik (AC) dari sumber listrik utama menjadi arus searah (DC) untuk mengisi baterai.
  4. Bypass: Komponen UPS data center terakhir adalah Bypass yang berfungsi untuk mengalihkan beban langsung ke sumber daya alternatif atau utama saat UPS sedang dalam perawatan atau terjadi kegagalan.

Jenis Konfigurasi UPS Data Center

ups data centerSetiap jenis konfigurasi UPS menawarkan berbagai tingkat perlindungan, efisiensi, dan kompleksitas yang sesuai dengan kebutuhan spesifik data center. Hal ini karena setiap konfigurasi pada dasarnya memiliki perbedaan dalam setiap kebutuhan. Oleh karena itu, simak penjelasan lengkapnya mengenai jenis-jenis konfigurasi dalam UPS data center berikut ini!

1. Online Double Conversion

Online Double Conversion UPS adalah salah satu konfigurasi UPS yang paling andal dan banyak digunakan dalam data center. Sistem ini dirancang untuk memberikan daya yang sangat stabil. Ketika daya masuk dari sumber listrik utama, arus bolak-balik (AC) pertama-tama dikonversi menjadi arus searah (DC) melalui rectifier. Proses ini menghilangkan semua gangguan listrik seperti lonjakan tegangan dan tegangan rendah.

2. Line Interactive

Line Interactive UPS adalah jenis konfigurasi UPS yang menawarkan perlindungan daya yang lebih baik daripada UPS offline tetapi tidak seefisien UPS online double conversion. Sistem ini banyak digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan tingkat perlindungan daya menengah, seperti server kecil. Sistemnya adalah dengan menggunakan AVR untuk menjaga stabilitas tegangan dan waktu transfer yang singkat.

3. Offline (standby)

Offline (Standby) UPS adalah tipe UPS yang paling sederhana dan ekonomis, sering digunakan untuk perangkat elektronik yang tidak terlalu sensitif terhadap gangguan listrik. Oleh karena konstruksinya yang sederhana, UPS ini lebih kecil dan ringan, serta lebih mudah dipasang dan dikelola. Namun, UPS ini tidak menyediakan perlindungan yang memadai terhadap lonjakan tegangan, noise, dan fluktuasi tegangan kecil.

Solusi Monitoring Data Center Terbaik

PT Synapsis Sinergi Digital menghadirkan solusi monitoring data center yang lengkap dan andal dengan sistem CONNEX Data Center Monitoring. Solusi ini mencakup pemantauan suhu dan kelembaban, akses pintu, deteksi asap, serta konsumsi daya secara real-time untuk memastikan efisiensi dan stabilitas operasional. Tidak hanya itu, sistem ini juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti analitik CCTV, sensor aliran udara, unit distribusi daya pintar, dan perangkat kontrol akses, yang semuanya terintegrasi dalam satu platform. 

Dengan tambahan UPS (Uninterruptible Power Supply) yang andal, solusi dari Synapsis memastikan data center Anda tetap beroperasi tanpa gangguan, melindungi peralatan kritis dari lonjakan tegangan dan pemadaman listrik. Dapatkan keamanan, efisiensi, dan ketenangan pikiran dengan solusi komprehensif dari PT Synapsis Sinergi Digital. Segera jadwalkan konsultasi bersama kami disini!

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more