teknologi pertambangan

Penerapan teknologi canggih menjadi kunci untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Teknologi-teknologi ini tidak hanya membantu dalam pengelolaan operasional sehari-hari, tetapi juga berperan penting dalam memastikan keselamatan kerja dan keberlanjutan lingkungan. Simak penjelasan lengkap mengenai teknologi pertambangan berikut yang dapat mengoptimalkan operasional.

Teknologi Pertambangan Fleet Management System

Fleet management system tambang adalah teknologi pertambangan untuk melakukan pelacakan posisi alat berat, pemantauan kinerja, jadwal pemeliharaan, serta manajemen bahan bakar dan operator. Teknologi pertambangan ini biasanya menggunakan GPS, sensor, dan software khusus untuk menyediakan data real-time yang penting bagi pengelolaan armada.FMS menyediakan data detail tentang kinerja armada untuk membuat keputusan berbasis data.

FMS tambang sering kali menggunakan Internet of Things (IoT) untuk memberikan wawasan tentang operasional armada. Sensor IoT pada alat berat mengumpulkan data yang kemudian dianalisis untuk menemukan pola dan prediksi masalah. Misalnya, Rio Tinto, salah satu perusahaan tambang terbesar di dunia, menggunakan teknologi pertambangan FMS untuk mengelola armada truk otomatis di tambang besarnya di Australia. 

Teknologi Pertambangan Predictive Maintenance

Predictive Maintenance tambang adalah strategi pemeliharaan yang menggunakan data dan teknologi untuk memprediksi peralatan tambang yang membutuhkan perawatan. Dengan mendeteksi masalah sebelum terjadi kerusakan, teknologi pertambangan ini membantu mengurangi downtime peralatan tambang yang tidak terencana. Dalam perbaikan sistem hidraulik utama diperkirakan memakan biaya sekitar $200,000.

Penggunaan sensor dan teknologi IoT memungkinkan pemantauan kondisi peralatan secara terus-menerus. Sensor ini dapat mengukur berbagai parameter seperti suhu, getaran, tekanan, dan keausan komponen. Salah satu perusahaan tambang di Australia mampu mengurangi downtime alat berat hingga 20% dan menghemat biaya perawatan secara signifikan dengan teknologi pertambangan ini. 

Teknologi Pertambangan Autonomous Haulage Systems (AHS)

Autonomous Haulage Systems (AHS) adalah teknologi yang memungkinkan truk angkut di tambang beroperasi tanpa pengemudi. Teknologi pertambangan ini menggunakan kombinasi sensor, GPS, dan algoritma canggih untuk mengangkut material dengan aman dan efisien. AHS memungkinkan operasi tambang berlangsung 24/7 tanpa interupsi dengan meningkatkan produktivitas hingga 30% dan mengurangi biaya operasional hingga 20%​.

Dengan mengurangi keterlibatan manusia, risiko kecelakaan akibat kesalahan manusia dapat berkurang hingga 50%. Hal ini cukup krusial mengingat potensi kecelakaan kerja di tambang sangat besar dan mematikan. Selain itu, truk otonom mampu mengangkut material dengan kecepatan dan rute yang konsisten dengan meningkatkan efisiensi logistik dan pengelolaan material di tambang​.

Remote Monitoring and Control System

Remote Monitoring and Control System adalah teknologi yang memungkinkan pemantauan dan pengendalian peralatan tambang dari jarak jauh. istem ini mengintegrasikan sensor, teknologi IoT (Internet of Things), dan analitik data untuk memantau kondisi peralatan secara real-time.Teknologi pertambangan ini memungkinkan pemantauan kondisi peralatan secara terus-menerus sehingga operator dapat mendeteksi kemungkinan downtime.

Barrick Gold Corporation memiliki lebih dari 200 truk, loader, dan bor dengan bantuan teknologi pertambangan ini. Sistem ini memungkinkan pemantauan kondisi peralatan secara real-time, yang membantu mengidentifikasi masalah lebih awal dan mengurangi downtime. Hasilnya, Barrick berhasil meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya operasional secara signifikan.

Collision Avoidance Systems

Collision Avoidance Systems (CAS) adalah teknologi yang dirancang untuk mencegah tabrakan antara kendaraan, alat berat, dan personel di lokasi tambang. Sistem ini menggunakan kombinasi sensor, radar, LIDAR, kamera, dan algoritma canggih untuk mendeteksi potensi tabrakan. Teknologi pertambangan ini biasanya terintegrasi dalam kendaraan tambang dan mampu memberikan visibilitas 360 derajat di sekitar alat berat.

Studi menunjukkan bahwa penerapan CAS dapat meningkatkan produktivitas tambang hingga 20% dengan mengurangi insiden yang mengganggu operasi dan mengoptimalkan aliran kerja​. Cerrejón, salah satu tambang batu bara terbesar di Kolombia, menggunakan teknologi pertambangan ini untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi operasional. Hasilnya mereka mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan di tambang.

Digital Twin

Digital twin adalah teknologi pertambangan untuk mereplika digital dari peralatan tambang, operasi penambangan, hingga keseluruhan situs tambang. Teknologi ini memungkinkan pemantauan kondisi peralatan, simulasi operasi, dan pengambilan keputusan yang berbasis data. Digital twin mengintegrasikan berbagai data dari peralatan, proses, dan operasi tambang menjadi satu platform yang memberikan gambaran seluruh operasi tambang

Anglo American, salah satu perusahaan tambang terbesar di dunia, telah mengimplementasikan digital twin untuk meningkatkan visibilitas dan efisiensi operasional di tambang mereka. Dengan menggunakan digital twin, Anglo American dapat memonitor dan menganalisis kondisi peralatan dan operasi tambang secara real-time.Hasilnya, perusahaan ini berhasil mengurangi downtime dan meningkatkan kinerja operasional secara signifikan.

Solusi Teknologi Pertambangan dengan Synapsis

teknologi pertambanganMencari solusi smart mining yang komprehensif? Synapsis hadir untuk Anda. Dengan Connex IoT nodes, kami menawarkan solusi yang mampu mengimplementasikan berbagai teknologi pertambangan seperti Fleet Management Systems (FMS), Collision Avoidance Systems (CAS), dan Predictive Maintenance. 

Sebagai penyedia solusi end-to-end, Synapsis mendukung operasional tambang Anda mulai dari perencanaan hingga implementasi, memastikan setiap langkah dioptimalkan untuk kesuksesan. Selain itu, solusi kami bersifat tailor-made, disesuaikan dengan kebutuhan unik bisnis Anda, memberikan fleksibilitas dan presisi. Pilih Synapsis untuk pengalaman smart mining yang lengkap, kustom, dan meningkatkan efisiensi serta keselamatan.

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more