tailgating

Dalam dunia pertambangan, istilah “tailgating” mengacu pada situasi berisiko di mana kendaraan mengikuti kendaraan lain terlalu dekat, seringkali di jalan yang penuh tantangan dan berbahaya. Artikel ini akan menjelaskan secara mendalam tentang apa itu tailgating, mengapa praktik ini berbahaya, dan cara mengatasiny!

Apa itu Tailgating dalam Pertambangan

Tailgating dalam konteks pertambangan merujuk pada praktik berbahaya di mana kendaraan mengikuti kendaraan lain terlalu dekat. Fenomena ini sangat berisiko karena jarak pengereman yang tidak memadai bisa menyebabkan tabrakan jika truk di depan tiba-tiba berhenti atau melambat. Situasi ini sering terjadi di jalan tambang yang berdebu atau licin, tempat visibilitas dan kondisi jalan yang buruk memperburuk potensi bahaya. 

Dalam industri pertambangan, tailgating menjadi salah satu penyebab kecelakaan tambang yang berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan tips mencegahnya. Pertama, pelatihan keselamatan bagi pengemudi harus termasuk modul khusus untuk menjaga jarak aman di jalan. Selain itu, penggunaan teknologi seperti sistem pemantauan GPS dan sensor jarak dapat membantu mencegah praktek tailgating dengan memberikan peringatan kepada pengemudi.

Contoh Kasus Tailgating dalam Pertambangan

tailgatingPenyelidikan atas insiden tailgating di industri tambang memberikan wawasan berharga tentang tindakan preventif di masa depan. Berikut adalah dua contoh kasus tailgating yang terjadi di sektor pertambangan, satu di Kalimantan Timur, Indonesia, dan satu lagi di Australia.

1. Kecelakaan Tailgating di Kalimantan Timur

Kecelakaan tambang terjadi di sebuah perusahaan tambang di Kalimantan Timur pada hari Minggu tanggal 12 Maret 2023. Insiden ini terjadi ketika satu truk yang sedang membawa muatan dari front barat menuju ke lokasi pembuangan tiba-tiba menabrak truk lain yang mengalami masalah dan berhenti di jalan. 

Kecelakaan ini terjadi pada dini hari dan di bawah kondisi jalan yang tidak ideal. Insiden ini masih dalam penyelidikan untuk lebih memahami penyebabnya dan untuk mengembangkan strategi pencegahan kejadian serupa di masa depan.

2. Kecelakaan Tailgating di Australia

Di tambang Rix’s Creek di New South Wales, Australia, terjadi kecelakaan tailgating fatal yang melibatkan seorang pengemudi truk. Insiden ini terjadi ketika pengemudi, yang sedang membersihkan lumpur dari truknya, tertimpa tailgate truk yang jatuh dan mengenai kepalanya. 

Pengemudi tersebut dibawa ke rumah sakit untuk menjalani operasi namun meninggal beberapa hari kemudian. Kecelakaan ini merupakan salah satu dari tujuh kematian terkait pertambangan yang terjadi di Australia pada tahun tersebut. Departemen industri setempat telah meluncurkan investigasi dan akan menyiapkan laporan untuk koroner

Cara Mengatasi Tailgating dalam Pertambangan

tailgatingDi lingkungan tambang, truk besar dan peralatan berat sering beroperasi di jalan yang sama sehingga risiko kecelakaan meningkat secara signifikan. Mengatasi masalah ini memerlukan pendekatan yang terstruktur dan multi-faset untuk memastikan keselamatan semua pekerja. Simak penjelasan cara mengatasi tailgating dalam pertambangan berikut!

1. Pelatihan pengemudi

Pelatihan pengemudi yang efektif adalah langkah pertama dan paling kritikal dalam mencegah tailgating di area pertambangan. Pengemudi harus diberikan simulasi dan skenario nyata untuk mengembangkan kepekaan mereka terhadap bahaya tailgating. Pelatihan ini harus diulang secara berkala untuk mempertahankan kesadaran dan memperbarui keterampilan mengemudi.

2. Penggunaan rambu dan marka jalan

Penggunaan rambu dan marka jalan yang efektif dapat berperan besar dalam mencegah tailgating di tambang. Rambu dapat memberikan peringatan kepada pengemudi tentang pentingnya menjaga jarak aman, sementara marka jalan dapat secara visual mengingatkan pengemudi tentang jarak yang aman yang harus dijaga. Penempatan rambu harus strategis dan mudah dilihat, terutama di lokasi yang memiliki riwayat kecelakaan.

3. Sistem pemantauan kendaraan

Penerapan teknologi seperti smart mining dan pemantauan kendaraan tambang canggih dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam mengatasi masalah tailgating. Sistem ini dapat melacak posisi dan jarak antara kendaraan secara real-time dan memberi peringatan kepada pengemudi ketika mereka terlalu dekat dengan kendaraan di depan mereka. Beberapa sistem canggih bahkan dapat mengambil alih kontrol kendaraan untuk mengatur kendaraan secara otomatis.

Solusi Synapsis untuk Mencegah Tailgating

tailgating adalahSynapsis IoT merupakan mitra ideal untuk meningkatkan protokol keselamatan dalam operasi pertambangan, khususnya dalam mengurangi risiko kecelakaan tailgating. Teknologi IoT Synapsis memungkinkan pemantauan dan pengelolaan real-time atas kendaraan armada. Pendekatan proaktif ini akan mengurangi risiko insiden tailgating dan juga meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.

Dengan mengintegrasikan sensor dan perangkat khusus, Synapsis memberikan wawasan data penting dan peringatan tentang perilaku kendaraan serta kondisi lingkungan. Hal ini dapat menyebabkan intervensi tepat waktu, mencegah kecelakaan sebelum terjadi. Selain itu, dengan fitur Collisions Avoidance Systemnya, Synapsis menjadi salah satu solusi terbaik untuk industri pertambangan untuk menunjang keselamatan.

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more