suhu ruang server

Server room merupakan sebuah sistem kompleks yang terus bekerja secara nonstop untuk menjamin operasional suatu bisnis. Oleh karena itu, suhu ruang server menjadi permasalahan yang krusial untuk selalu dalam keadaan stabil dan optimal. Berapa sebenarnya suhu ideal ruang server? Berikut ini aalah penjelasan suhu ideal dan tips untuk mengoptimalkannya!

Apa itu Ruang Server?

Ruang server atau data center adalah tempat untuk menempatkan dan mengoperasikan hardware utama untuk komputasi dan jaringan, seperti server, switch, router, dan sistem penyimpanan. Ruangan ini memerlukan kebutuhan akan daya listrik yang stabil, pengaturan suhu yang tepat, serta sistem keamanan yang kuat. Tujuannya untuk memastikan data dan aplikasi yang berjalan dapat terakses secara aman sehingga mendukung operasional bisnis.

Dalam merancang ruang server, faktor-faktor seperti suhu ruang server, skalabilitas, efisiensi, dan kemudahan pemeliharaan menjadi pertimbangan utama. Hal ini penting untuk memastikan bahwa ruang server dapat menyesuaikan dengan pertumbuhan infrastruktur TI tanpa harus memulai dari awal. Penggunaan teknologi pendingin yang canggih dan sistem manajemen energi juga krusial untuk menjaga lingkungan optimal terhadap suhu.

Berapa Suhu Ideal Ruang Server?

Secara umum suhu ruang server yang ideal dalam kisaran 20°C hingga 23°C (70-74°F). Rentang suhu ini dianggap ideal untuk menjaga kinerja dan keandalan hardware server tanpa mengorbankan efisiensi energi. Mengontrol suhu dalam rentang ini membantu mencegah overheating yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen dan mempersingkat umur peralatan.

Selain menjaga suhu, penting juga untuk mempertimbangkan kelembapan relatif pada ruang server. Kelembapan ruang server idealnya antara 45% hingga 60% untuk mencegah pembentukan kondensasi atau kekeringan. Sistem pendingin seperti AC presisi, ventilasi, dan unit pemindah panas adalah beberapa cara untuk mempertahankan kondisi server room. Selain itu juga penggunaan teknologi monitoring canggih juga salah satu jawabannya.

Kenapa Suhu Ruang Server Harus Dingin?

suhu ruang serverAlasan suhu ruang server harus dingin salah satunya adalah agar mencegah adanya overheating dan kondensasi. Dengan alasan tersebut, pengaturan suhu yang tepat di ruang server menjadi salah satu prioritas utama dalam pengelolaan data center dan ruang IT. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai alasan ruang server harus dingin.

1. Mencegah overheating

Overheating merupakan musuh utama perangkat keras komputer. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kegagalan perangkat keras dan menurunkan efisiensi. Menjaga ruang server tetap dingin membantu menstabilkan suhu operasional perangkat sehingga meminimalkan risiko overheating. Penggunaan sistem pendinginan yang efektif di ruang server dapat memastikan operasional yang lancar tanpa gangguan.

2. Memastikan konsistensi performa

Performa sistem yang konsisten adalah kunci untuk efisiensi operasional. Suhu ruang server yang optimal memungkinkan perangkat keras beroperasi dalam kondisi ideal. Ketika ruang server terjaga pada suhu yang sesuai, fluktuasi kinerja akibat variabel termal dapat terminimalisir, memastikan bahwa aplikasi dan layanan berjalan dengan lancar. Ini sangat penting untuk beberapa data dan aplikasi yang memerlukan reliabilitas dan kecepatan tinggi.

3. Mengurangi risiko downtime

Downtime adalah situasi yang harus bisnis pemiliki server room hindari. Suhu ruang server yang terkontrol dapat mengurangi risiko kegagalan sistem yang sering kali menjadi penyebab downtime. Dengan meminimalkan potensi kegagalan hardware akibat overheating, bisnis dapat menjaga keberlangsungan operasionalnya. Langkah pencegahan ini akan menghemat biaya perbaikan dan menghindari kerugian akibat gangguan layanan.

4. Memperpanjang umur hardware

Perangkat keras komputer memiliki umur operasional yang terbatas apalagi dengan suhu yang panas. Suhu ruang server yang dingin dan stabil dapat memperlambat proses degradasi komponen. Investasi dalam sistem pendinginan yang baik adalah investasi dalam keberlangsungan dan durabilitas infrastruktur. Dengan memperpanjang umur hardware, perusahaan dapat mengurangi anggaran untuk pembelian hardware.

5. Mencegah kondensasi

Kondensasi bisa terjadi ketika ada perbedaan suhu ruang server dengan lingkungannya. Dengan menjaga ruang server pada suhu yang dingin dan konsisten, risiko terbentuknya kondensasi dapat diminimalisir. Ini menghindarkan perangkat keras dari kerusakan akibat air serta memastikan lingkungan operasional yang aman dan kering untuk perangkat keras sensitif.

Cara Menjaga Suhu Ruang Server

suhu ruang serverCara terbaik menjaga suhu ruangan server adalah dengan bantuan teknologi manajemen ruangan server yang canggih. Teknologi ini sudah mencakup keseluruhan manajemen sehingga lebih efisien. Selain itu ada juga beberapa cara lain untuk menjaga ruangan server. Simak penjelasan lengkapnya berikut!

1. Penggunaan sistem pendingin udara

Sistem pendingin udara merupakan komponen kunci dalam menjaga suhu ruang server tetap optimal. Penting untuk memilih sistem pendingin yang dapat disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan spesifik ruang server. Selain itu, pemeliharaan rutin pada sistem pendingin harus terus dilakukan untuk menjaga efisiensinya dan menghindari kegagalan sistem.

2. Manajemen aliran udara

Manajemen aliran udara yang efisien dapat secara signifikan meningkatkan efektivitas sistem pendingin. Hal ini melibatkan penataan peralatan TI dan rak server sedemikian rupa untuk mencegah udara panas dan dingin yang bercampur serta menggunakan konsep hot aisle dan cold aisle. Pemasangan plafon atau lantai yang ditinggikan juga membantu dalam mendistribusikan udara dingin secara merata ke seluruh ruang. 

3. Penggunaan rak server tertutup

Rak server tertutup menyediakan isolasi termal dari lingkungan sekitar sehingga membantu dalam menjaga suhu ruang server lebih stabil. Ini memungkinkan kontrol yang lebih baik atas kondisi lingkungan di sekitar perangkat keras. Dengan pintu yang dapat terkunci, rak server tertutup juga menambah lapisan keamanan fisik terhadap akses tidak sah. Desain ventilasi yang baik adalah kunci untuk mengoptimalkan aliran udara.

4. Pemantauan suhu dan kelembapan

Pemantauan suhu dan kelembapan secara real-time menjadi sangat vital untuk deteksi kondisi hardware. Penggunaan sensor suhu dan kelembapan yang terhubung ke DCIM (Data Center Infrastructure Management) memungkinkan pengawasan kondisi ruangan server. Alarm dapat diatur saat suhu atau kelembapan melewati batas aman sehingga memungkinkan preventif untuk menghindari potensi kerusakan.

Solusi Pemantauan Suhu Ruang Server Terbaik

suhu ruang serverSynapsis memberikan jawaban komprehensif untuk tantangan pemantauan suhu ruang server yang kompleks. Melalui Connex Server Room Monitoring, pengguna diberikan kebebasan untuk menyesuaikan pengaturan monitoring, termasuk pilihan alat, sensor, serta pengaturan protokol komunikasi dan otomatisasi sesuai kebutuhan mereka. Fitur dashboard yang fleksibel, memungkinkan tampilan informasi kinerja secara real-time.

Ditambah lagi, Synapsis menghadirkan sebuah sistem peringatan dan notifikasi secara real-time dan dapat diakses melalui berbagai platform. Berfokus pada penyajian data yang aktual, Connex Server Room Monitoring menghadirkan wawasan detail tentang kondisi operasional server room. Hal ini menjamin bahwa ruangan server terlindungi oleh sistem monitoring yang sangat adaptif dan responsif.

Kesimpulan

Ruang server adalah komponen kritis dalam infrastruktur TI perusahaan, memegang peran penting dalam pengoperasian dan pengelolaan data serta aplikasi yang mendukung operasional bisnis. Keberadaannya memerlukan pengaturan yang cermat terkait daya listrik, suhu, kelembapan, dan keamanan untuk memastikan kinerja dan keandalan perangkat keras komputasi dan jaringan.

Menjaga suhu ruang server dalam kisaran ideal 20°C hingga 23°C dan kelembapan relatif antara 45% hingga 60% adalah kunci untuk mencegah overheating, kondensasi, memperpanjang umur hardware, dan memastikan konsistensi performa serta mengurangi risiko downtime. Dengan demikian, investasi dalam teknologi manajemen ruang server yang canggih menjadi sangat penting untuk menjaga efisiensi dan keamanan.

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more