Pasca-Covid, perusahaan semakin mengadopsi teknologi tanpa sentuhan seperti sistem kehadiran cerdas untuk membuat tempat kerja lebih aman bagi karyawan dan pelanggan. Menurut Statista , pasca-COVID-19, adopsi antarmuka tanpa sentuhan seperti pengenalan wajah, aplikasi tanpa sentuhan, dll., sedang meningkat.

Di India, 82% orang mengharapkan interaksi tanpa sentuhan di tempat kerja atau dengan organisasi lain selama pandemi, dan 48% dari mereka masih menginginkan teknologi tanpa sentuhan di tempat kerja sekarang. Karena semakin banyak organisasi menggunakan perangkat penginderaan nirsentuh seperti sistem kehadiran cerdas yang menggunakan pengenalan wajah. Industri solusi nirsentuh tumbuh sebesar 17,4%. Itu akan menyentuh $ 15,3 miliar pada tahun 2025, lebih dari dua kali lipat dari $ 6,8 miliar pada tahun 2020 .

Mengapa sistem absensi biometrik berbasis sentuhan berbahaya?

Ketergantungan sistem biometrik berbasis sentuhan pada kontak manusia untuk berfungsi menjadikannya sumber infeksi. Sistem kehadiran yang menggunakan atribut seperti pengenalan sidik jari , pengenalan geometri tangan, atau pengenalan pengetikan memerlukan sentuhan fisik. Permukaan sistem ini mengakumulasi kuman, bakteri, dan virus dengan setiap sentuhan dan, pada saat yang sama, menyebarkannya.

Munculnya sistem kehadiran cerdas berbasis IoT tanpa sentuhan
Sistem biometrik berbasis sentuhan menawarkan cara yang disempurnakan untuk menangani pencurian waktu dan pukulan teman , tetapi mengandalkan sensor perangkat keras yang memerlukan kontak fisik membuatnya kurang sensitif jika jari tercoreng oli atau gemuk, atau jika pekerja mengenakan perlengkapan tangan. Bisnis pascapandemi harus menyesuaikan infrastruktur yang ada untuk meminimalkan kebutuhan akan kontak. Penyedia solusi memanfaatkan teknologi IoT atau Internet of Things untuk mengisi celah persyaratan ini untuk menawarkan sistem kehadiran tanpa sentuhan.

Manfaat sistem absensi pintar

  1. Pelacakan kehadiran secara real-time
    Sebagian besar sistem kehadiran tanpa sentuhan modern berbasis cloud. Sistem ini mencatat data secara real-time. Mereka dapat digunakan pada perangkat seluler dan komputer pribadi; mereka membantu melacak karyawan untuk manajemen yang efisien. Sistem absensi otomatis dapat memberikan input pemrosesan penggajian langsung untuk meningkatkan produktivitas lebih lanjut. Semua informasi tersedia secara real-time, sehingga memudahkan untuk menjadwalkan shift, mendelegasikan tugas, dan mengelola absensi.
  2. Industri manufaktur dapat menggunakan sistem ini untuk melacak karyawan yang tersebar di area yang luas tanpa perangkat keras tambahan. Sistem absensi seperti Truein bekerja di smartphone dengan mulus.
  3. Lebih sedikit kesalahan karena intervensi manusia yang minimal
    Sistem absensi manual memiliki tingkat kesalahan yang tinggi. Karena sistem ini sepenuhnya bergantung pada masukan manusia, ada banyak masalah. Terkadang karyawan bisa lupa untuk masuk waktu kedatangan mereka, dan di lain waktu, mereka dengan sengaja menyalahgunakan sistem dengan mencatat waktu yang lama. Dengan sistem kehadiran otomatis, perusahaan menghilangkan semua masalah ini.
  4. Sistem ini berfungsi tanpa campur tangan manusia; mereka merekam data dengan akurasi tinggi. Perusahaan dapat mengandalkan data mereka untuk menganalisis perilaku tenaga kerja dan membuat keputusan manajemen yang penting. Sistem absensi pengenalan wajah tanpa sentuhan seperti Truein mengumpulkan dan mencatat data secara real-time. Oleh karena itu, tidak ada ruang bagi karyawan untuk mencampuri sistem tersebut.
  5. Penghematan biaya karena kesalahan penggajian yang lebih rendah
    Sistem absensi manual tidak akurat karena human error. Memperkenalkan sistem kehadiran yang sangat akurat menghemat banyak uang perusahaan yang hilang melalui penipuan dan kesalahan penggajian. Di Amerika Serikat, bisnis kehilangan lebih dari satu miliar dolar setiap tahun karena pencurian waktu . Sistem kehadiran cerdas menggunakan pengenalan wajah tidak hanya dapat menghilangkan pencurian waktu tetapi juga dapat meningkatkan produktivitas departemen SDM dengan mengotomatiskan sebagian besar manajemen penggajian. Dengan mengadopsi sistem kehadiran cerdas, organisasi Anda dapat menghemat hingga $1600 per karyawan setiap tahun.
  6. Ideal untuk tenaga kerja kontrak dan terdistribusi
    Perusahaan dengan tenaga kerja terdistribusi memerlukan sistem kehadiran yang disesuaikan untuk zona waktu dan lokasi yang berbeda. Sistem kehadiran cerdas memungkinkan fitur penyesuaian ini untuk mengakomodasi zona waktu yang berbeda. Anda juga dapat mengatur berbagai kebijakan dan aturan penggajian untuk karyawan berdasarkan lokasi fisik mereka. Itu membuatnya jauh lebih mudah untuk mengelola tenaga kerja terdistribusi.
  7. Lebih aman daripada sistem absensi manual
    Sebagian besar sistem kehadiran cerdas berbasis IoT memiliki arsitektur yang sangat aman. Karena tujuan utama dari sistem ini adalah untuk mencatat waktu yang akurat, mereka menggagalkan segala upaya pencurian waktu, seperti meninju teman, melaporkan jam tambahan, dan istirahat makan siang yang lebih lama. Sistem biometrik menggunakan ciri-ciri fisik individu yang unik yang tidak dapat ditransfer atau disalin. Organisasi di mana keamanan menjadi perhatian utama menggunakan sistem kehadiran cerdas.
  8. Data kecil hingga besar- semua dapat dikelola dengan mudah
    Seperti disebutkan sebelumnya, sistem absensi pintar menggunakan infrastruktur berbasis cloud. Salah satu manfaat menggunakan cloud adalah skalabilitas. Perusahaan dapat menggunakan sistem ini untuk menyimpan data 10 atau 10.000 karyawan dengan kemudahan yang sama. Infrastruktur cloud meluas seiring dengan meningkatnya kebutuhan penyimpanan data. Setelah Anda menerapkan sistem kehadiran cerdas berbasis pengenalan wajah seperti, Anda tidak perlu khawatir tentang peningkatan untuk mengakomodasi lebih banyak data karyawan.
  9. Pembuatan laporan otomatis untuk jam kerja karyawan
    Sistem kehadiran cerdas berbasis cloud; itu menyimpan data dalam database terdesentralisasi yang dapat diakses di mana saja. Manajer SDM tidak perlu lagi melalui penyortiran data yang membosankan dan pengambilan absen manual untuk menghitung gaji atau lembur. Sistem kehadiran cerdas menyediakan alat pembuatan laporan analitis. Ini secara drastis menghemat waktu dan upaya yang diperlukan untuk menciptakan wawasan bisnis untuk mengoptimalkan tenaga kerja dan produktivitas dalam suatu organisasi

Sistem manajemen kehadiran cerdas yang efisien dapat membantu perusahaan meningkatkan etika organisasi dan budaya kerja mereka. Manfaatnya melampaui pencatatan kehadiran. Manfaat utama meliputi:

Sistem kehadiran cerdas menawarkan lebih dari sekadar pencatatan waktu. Sistem kehadiran pengenalan wajah modern dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik industri apa pun. Manajemen tenaga kerja otomatis, peningkatan produktivitas, dan karyawan yang puas adalah beberapa manfaat yang menjadikan sistem kehadiran cerdas sebagai investasi yang berharga.