Sumber Foto: IoTWorlds

Sebagian besar Rumah Modern terdiri dari Garasi yang digunakan untuk menyimpan barang-barang atau untuk memarkir mobil. Terkadang ketika kita sedang terburu-buru, kita biasanya lupa untuk menutup pintu. Hal ini menyebabkan bahaya bagi pemilik rumah di dunia sekarang ini seperti pencurian dan perusakan barang-barang mereka. Garasi terbuka selalu menjadi cara mudah bagi Pencuri Rumah untuk memasuki rumah. Sistem smart garage adalah konsep sederhana untuk menjaga pintu garasi selalu tertutup, sehingga menjamin keamanan rumah dan barang-barang.

Pembuka pintu garasi pintar dirancang sebagai perangkat yang dikendalikan Wi-Fi yang memungkinkan pengguna menerima peringatan, mengontrol pintu garasi, dan menyinkronkan dengan perangkat nirkabel lainnya. Pembuka pintu garasi pintar dapat menjadi perangkat untuk memicu beberapa aktivitas rumah pintar. Dalam sistem yang diusulkan ini garasi pintar menggunakan Raspberry Pi, sensor ultrasonik, dll.

Garasi pintar menyediakan sistem yang memiliki kemampuan untuk memberi tahu pemilik dan memungkinkan pemilik mengakses untuk membuka dan mengunci pintu melalui aplikasi seluler dan menyimpan waktu dan durasi setiap aktivitas ke database, sehingga pemilik dapat melacak kegunaan kendaraan dan barang-barang oleh anggota keluarga dan kegunaan garasi. Ini juga membantu pemilik untuk melindungi garasi dari penyusup.

Sistem Garasi Cerdas ini memastikan peran tinggi dalam sistem otomatisasi rumah untuk memastikan keamanan rumah dengan mengintegrasikan smartphone dan IoT. IoT digunakan dari jarak jauh untuk memantau aktivitas dan mendapatkan notifikasi ketika ada keberadaan objek terdekat dan seseorang mencoba mengakses pintu garasi.

Sumber: Hackster.io

Berikut merupakan manfaat pintu garasi cerdas

  1. Memungkinkan untuk membuka pintu garasi dari mana saja.
  2. Untuk pembeli online, memiliki pembuka pintu garasi pintar dapat memungkinkan tukang pos untuk menjatuhkan paket besar Anda langsung ke garasi Anda.
  3. Memungkinkan otomatisasi rumah

Dalam sistem IoT yang diusulkan ini, garasi pintar dapat membuka dan menutup garasi menggunakan asisten google Anda dan mendapatkan pesan peringatan SMS setiap saat. Juga sistem pencahayaan pintar tetap ON sampai pintu garasi terbuka. Asisten parkir memungkinkan pengguna memarkir kendaraan mereka tanpa kesulitan.