perawatan alat berat

Dalam dunia pertambangan, perawatan alat berat merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk mendukung produktivitas bisnis. Berdasarkan penelitian, tingkat keandalan alat berat memiliki pengaruh yang sangat tinggi terhadap indeks produktivitas kinerja perusahaan. Lalu, bagaimana upaya merawat alat-alat berat dalam pertambangan? Apa saja tipsnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Alat Berat di Pertambangan

Alat berat dalam pertambangan merujuk pada kendaraan-kendaraan besar yang mendukung produktivitas pertambangan. Sebagai contoh, bucket wheel excavators yang mampu menggali material dalam jumlah besar sekitar 20.000 m3 per jam, menunjukkan teknologi dapat mempercepat proses penggalian. Penggunaan dump truck dan belt conveyor untuk memindahkan material dari lokasi penggalian ke lokasi penimbunan atau pemrosesan lebih lanjut menekankan pada pentingnya mobilitas dalam pertambangan.

Alat berat tambang memainkan peran penting dalam operasional pertambangan tetapi alat berat juga rentan terhadap kerusakan. Kewajiban untuk melakukan pengecekan dan pemeliharaan rutin pada alat berat berguna untuk memastikan operasional dan menjaga keselamatan kerja. Pengecekan ini meliputi inspeksi terhadap kondisi fisik, performa mesin, sistem hidraulis, serta bagian-bagian kritis lain yang dapat mempengaruhi keselamatan dan efisiensi kerja alat berat.

Tujuan Perawatan Alat Berat Pertambangan

perawatan alat berat

Alat berat pertambangan memiliki peluang terpapar risiko kerusakan yang tinggi. Oleh karena itu, perawatan rutin dan sistematis menjadi sangat penting untuk menjamin operasi yang tidak terganggu dan meminimalisir insiden di tempat kerja. Berikut ini adalah tujuan dari perawatan alat berat pertambangan.

1. Mengoptimalkan kinerja alat berat

Perawatan yang terjadwal dan terstruktur secara rutin pada alat berat pertambangan berkontribusi pada optimalisasi kinerja alat tersebut. Dengan menjaga kondisi alat berat agar tetap dalam performa terbaiknya, produktivitas operasional dapat terjaga bahkan meningkat. Pengecekan rutin memungkinkan identifikasi dan penanganan dini terhadap masalah kecil sebelum berubah menjadi kerusakan yang serius dan menghambat produksi.

2. Meningkatkan keselamatan pengguna alat berat

Keselamatan kerja adalah prioritas utama dalam industri pertambangan. Perawatan alat berat tambang memastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan benar. Hal ini akan  mengurangi risiko kecelakaan kerja akibat kegagalan peralatan. Pemeliharaan yang baik juga mencakup pemeriksaan sistem keselamatan alat berat dengan memastikan bahwa siap beroperasi dengan aman setiap saat.

3. Memperpanjang umur pakai alat berat

Investasi pada alat berat pertambangan seringkali sangat besar sehingga memperpanjang umur menjadi sangat penting. Melalui perawatan yang tepat, komponen-komponen alat berat dapat dipertahankan dalam kondisi baik sehingga mengurangi kebutuhan untuk penggantian. Tujuan Ini tidak hanya menjaga agar alat berat dapat beroperasi lebih lama tetapi juga memaksimalkan nilai investasi agar sesuai dengan return of investment bisnis.

4. Mengurangi risiko kerusakan

Tujuan dari perawatan alat berat selanjutnya adalah mampu untuk mengurangi risiko kerusakan dari alat berat. Perawatan preventif membantu mengidentifikasi potensi masalah pada alat berat sebelum mereka menyebabkan kerusakan. Ini mengurangi downtime yang tidak terduga dan menjaga aliran kerja tetap lancar. Dengan menangani masalah pada tahap awal, biaya perbaikan yang besar dapat dihindari sehingga menjaga operasi tetap efisien dan produktif.

5. Menekan biaya operasional

Perawatan alat berat yang efektif dapat menekan biaya operasional. Pengecekan rutin dan perawatan preventif mengurangi kebutuhan untuk perbaikan darurat yang seringkali mahal. Perbaikan engine, seperti overhaul engine per 1 HP sendiri merogoh uang 96 juta. Belum lagi perbaikan hydraulic, transmission, dan electrical dari alat berat yang sangat mahal. Oleh karena itu, melakukan pemeliharaan alat berat tambang akan jauh lebih efisien untuk menekan biaya operasional.

Tips Perawatan Alat Berat Pertambangan

perawatan alat berat

Dalam industri pertambangan, alat berat memegang peranan kritikal dalam menjamin kelancaran operasi dan efisiensi produksi. Mengingat biaya investasi yang tidak sedikit menjaga kinerja alat berat melalui perawatan yang tepat menjadi prioritas utama. Berikut ini adalah tips perawatan alat berat dalam pertambangan yang perlu Anda simak!

1. Rencanakan perawatan rutin

Perawatan rutin adalah kunci untuk memaksimalkan umur operasional alat berat pertambangan. Penelitian menunjukkan bahwa perawatan preventif dapat mengurangi risiko kerusakan hingga 25%, meningkatkan efisiensi kerja alat, dan memperpanjang usia pakai. Merencanakan jadwal perawatan dengan baik dan terstruktur akan mengurangi downtime yang tidak tiba-tiba dan meningkatkan produktivitas operasional. Hal ini penting mengingat produktivitas perusahaan tambang dipengaruhi oleh alat berat pertambangan itu sendiri.

2. Periksa mesin sebelum dioperasikan

Sebelum pengoperasian alat berat, melakukan pemeriksaan menyeluruh pada mesin adalah langkah yang tidak boleh terlupakan. Inspeksi ini mencakup pengecekan tingkat oli, kondisi baterai, dan sistem pendingin, yang semuanya vital untuk performa mesin. Kegiatan ini akan mencegah permasalahan serius dan juga memberikan kesempatan untuk melakukan intervensi dini. Pastikan untuk memahami istilah MTBF, MTTR, dan MTTF yang berhubungan dengan indikator maintenance alat.

3. Bersihkan alat secara teratur

Tips pemeliharaan alat berat tambang berikutnya adalah pembersihan alat secara teratur. Pembersihan alat berat secara teratur tidak hanya tentang penampilan luar alat berat tetapi juga tentang fungsi. Debu, kotoran, dan residu yang menumpuk dapat menyebabkan overheating dan korosi yang akan berdampak pada efisiensi dan umur alat berat. Tetapkan jadwal untuk membersihkan alat berat untuk menghilangkan penumpukan lumpur dan lemak yang mengeras. 

4. Mengganti oli dan filter sesuai jadwal perawatan

Tips perawatan alat bera dalam pertambangant selanjutnya adalah mengganti oli dan filter sesuai jadwal. Oli yang kotor atau filter yang tersumbat dapat mengurangi efisiensi mesin dan bahkan menyebabkan kerusakan. Penelitian menunjukkan bahwa pemeliharaan alat berat dalam sistem pelumasan dapat meningkatkan umur mesin hingga 50%. Oleh karena itu, sangat penting untuk mematuhi jadwal penggantian oli dan filter yang direkomendasikan oleh pabrik.

5. Periksa dan perbaiki sistem hidraulik secara berkala

Sistem hidraulik yang berfungsi dengan baik adalah kunci untuk operasi alat berat. Kegagalan dalam sistem ini dapat menyebabkan penurunan kinerja yang signifikan dan bahkan downtime yang mahal. Pemeliharaan alat berat melalui sistem hidraulis dapat mengurangi kegagalan sistem secara keseluruhan. Ini menekankan pentingnya inspeksi dan perbaikan berkala untuk memastikan sistem hidraulik bekerja pada kondisi optimal.

6. Monitor kondisi ban

Ban merupakan komponen kritis yang mempengaruhi keselamatan dan efisiensi alat berat. Penggunaan ban yang tidak merata atau tekanan udara yang tidak tepat dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar dan kerusakan prematur. Analisis industri menunjukkan bahwa pemeliharaan ban yang tepat dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar yang cukup besar. Oleh karena itu,  kondisi ban menunjukkan pentingnya terhadap aspek operasional bisnis, baik biaya dan tenaga.

7. Gunakan manajemen alat berat otomatis

Sistem manajemen alat berat otomatis memungkinkan pemantauan kondisi alat berat secara real-time dan menyediakan data untuk pemeliharaan alat berat prediktif. Penggunaan teknologi ini tidak hanya mengurangi waktu henti tetapi juga memaksimalkan efisiensi operasional. Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, produktivitas dapat meningkat sebesar 25%, penghematan biaya mencapai 40%, dan penghematan energi sekitar 20% dengan penerapan sistem smart mining.

Kesimpulan

Perawatan alat berat dalam pertambangan esensial untuk meningkatkan produktivitas dan memastikan keselamatan kerja. Melalui pengecekan dan pemeliharaan rutin, risiko kerusakan dapat diminimalisir dan menjaga efisiensi operasional.  Penggunaan teknologi dalam manajemen alat berat, seperti sistem otomatis dan smart mining, membawa potensi signifikan dalam penghematan biaya dan peningkatan produktivitas.

Synapsis sebagai penyedia solusi smart mining terbaik memiliki kemampuan kustomisasi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Dengan solusi internet of things yang sudah didukung dengan konektivitas starlink, smart mining Synapsis menjamin konektivitas pada area pertambangan yang terpencil. Ingin mengimplementasikan berbagai macam solusi seperti smart cctv surveillence, HR management system, Fleet management dan lainnya dalam satu sistem? Segera konsultasikan bersama kami.

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more