pengelolaan data center

Pengelolaan data center yang efektif menjadi kunci keberhasilan operasional bisnis. Dengan meningkatnya ketergantungan pada teknologi dan data, penting bagi perusahaan untuk memastikan bahwa data center mereka beroperasi dengan efisien. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengoptimalkan pengelolaan data center.

Apa itu Pengelolaan Data Center

Pengelolaan data center adalah proses menyeluruh yang mencakup pengaturan dan pemeliharaan infrastruktur fisik dan digital di pusat data. Ini melibatkan pengelolaan ruang fisik seperti rak server, sistem pendingin, dan distribusi daya untuk memastikan peralatan beroperasi optimal. Selain itu, pengelolaan daya yang efisien, termasuk penggunaan UPS dan generator cadangan juga sangat penting untuk menjamin pasokan listrik yang stabil.

Sistem pendingin dan kontrol suhu juga memainkan peran penting dalam mencegah overheating yang dapat merusak peralatan. Di sisi jaringan, pengelolaan konektivitas yang andal melalui router, switch, dan firewall memastikan komunikasi data yang lancar dan aman. Keamanan data ditingkatkan melalui kebijakan dan teknologi perlindungan seperti enkripsi dan sistem deteksi intrusi.

Manfaat Pengelolaan Data Center

Fungsi utama dari pengelolaan data center adalah untuk memastikan operasional yang efisien, handal, dan aman dari seluruh infrastruktur IT bisnis. Hal ini menjamin semua sistem dan perangkat data center berfungsi dengan baik tanpa downtime sehingga bisnis dapat beroperasi tanpa gangguan. Pengelolaan berguna untuk memantau kinerja perangkat, serta melakukan pemeliharaan preventif untuk mencegah kerusakan dan kegagalan sistem.

Tanpa pemeliharaan dan monitoring yang tepat, sistem dapat mengalami kegagalan yang  menyebabkan downtime. Selain itu, Kurangnya strategi pencadangan dan pemulihan yang efektif dapat menyebabkan kehilangan data penting, yang dapat mengganggu operasional bisnis dan mengakibatkan kerugian yang signifikan. Dengan demikian, pengelolaan data center penting untuk menjaga keandalan, efisiensi, dan keamanan operasional bisnis.

Compliance yang Harus Dipenuhi dalam Pengelolaan Data Center

pengelolaan data centerMemenuhi standar compliance dalam pengelolaan data center adalah langkah penting untuk memastikan bahwa operasional berjalan sesuai dengan regulasi yang berlaku, baik dari segi keamanan, efisiensi, maupun perlindungan data. Berikut ini adalah berbagai aspek compliance yang harus dipenuhi untuk mengelola data center secara optimal dan aman.

1. UU/Perda Tata Kelola IT

Undang-Undang (UU) dan Peraturan Daerah (Perda) memainkan peran penting sebagai panduan dan landasan hukum. UU ITE Nomor 11 Tahun 2008 menekankan pentingnya perlindungan data pribadi dan keamanan informasi yang disimpan dan diproses di data center. Ini berarti pengelola data center harus memastikan bahwa data pribadi dilindungi sesuai dengan ketentuan dalam UU ITE.

2. Standarisasi Internasional

Ada beberapa standar internasional yang berhubungan dengan pengelolaan dan operasional data center seperti, ISO/IEC 27001, ISO/IEC 20000, ISO/IEC 22301, ISO 9001, dan masih banyak lagi. Standar yang paling penting dalam standarisasi pengelolaan data center adalah ISO/IEC 27001. ISO/IEC 27001 memastikan bahwa data yang disimpan dan diproses di data center dilindungi dari berbagai ancaman keamanan. 

3. Service Level Agreement (SLA)

SLA adalah kontrak atau perjanjian antara penyedia layanan dan pelanggan yang mendefinisikan tingkat layanan yang diharapkan. SLA bertujuan untuk memastikan bahwa penyedia layanan memenuhi komitmen mereka terhadap kualitas dan kinerja layanan yang diberikan kepada pelanggan. Dengan berlandaskan SLA, pengelolaan data center dapat mengelola risiko dengan lebih baik, dan meningkatkan efisiensi operasional.

5 Tips Pengelolaan Data Center

pengelolaan data centerData center adalah sistem yang penting untuk dikelola dengan efektif adalah kunci untuk memastikan operasional bisnis yang lancar dan aman di era digital ini. Dari pemantauan proaktif hingga pemeliharaan rutin, ada berbagai strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengeai tips pengelolaan data center yang perlu Anda simak!

1. Pemantauan dan pengelolaan proaktif

Pemantauan dan pengelolaan proaktif adalah pendekatan yang sangat penting dalam pengelolaan data center. Dengan memantau kinerja sistem secara real-time, mengelola kapasitas secara efisien, data center dapat memastikan operasional yang efisien. Ini membantu dalam mencegah masalah sebelum terjadi bahkan memastikan bahwa data center dapat beradaptasi dengan kebutuhan bisnis yang berkembang.

2. Efisiensi energi dan pendinginan

Efisiensi energi dan sistem pendinginan adalah aspek krusial dalam pengelolaan data center yang berkualitas. Mengukur Power Usage Effectiveness (PUE) secara berkelanjutan membantu dalam mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan efisiensi energi. Di sisi pendinginan, penggunaan sensor suhu dan kelembaban memastikan bahwa pendinginan dilakukan secara optimal.

3. Keamanan fisik dan digital

Keamanan fisik berguna untuk mencegah akses tidak sah dan melindungi infrastruktur dari ancaman fisik, seperti kontrol akses yang ketat menggunakan kartu, biometrik, dan pengawasan CCTV. Selain itu, perlindungan perimeter dengan pagar dan sensor gerak, serta sistem deteksi dan pemadaman kebakaran memastikan lingkungan data center tetap aman dari ancaman eksternal dan bencana alam. 

4. Redundansi dan backup

Redundansi dan backup adalah komponen krusial dalam memastikan kontinuitas operasional dan keamanan data di data center. Redundansi mengurangi risiko kegagalan sistem dengan menyediakan komponen cadangan untuk daya, jaringan, server, dan sistem pendingin. Backup, di sisi lain, melindungi data dengan membuat salinan yang dapat dipulihkan jika terjadi kehilangan atau kerusakan data. 

5. Pemeliharaan dan pembaruan rutin

Pemeliharaan dan pembaruan rutin adalah kunci untuk menjaga data center beroperasi dengan lancar dan efisien. Pemeliharaan rutin membantu dalam mencegah kerusakan dan kegagalan dengan menjaga semua komponen dalam kondisi optimal, sementara pembaruan rutin memastikan bahwa sistem tetap aman, mutakhir, dan mampu menangani beban kerja yang meningkat. 

Solusi Monitoring Data Center Terbaik

monitoring data centerSynapsis hadir dengan solusi terbaik melalui CONNEX Server Monitoring System. Dengan pengalaman lebih dari 35 proyek di berbagai industri, kami telah membuktikan kemampuan kami dalam menyediakan solusi Internet of Things yang profesional dan inovatif. Sistem kami dirancang untuk meminimalkan downtime dan memaksimalkan kinerja, memastikan bahwa lingkungan server Anda selalu dalam kondisi optimal.

CONNEX menawarkan kemampuan kustomisasi yang luar biasa, memungkinkan Anda membangun sistem monitoring yang sepenuhnya sesuai dengan tata letak dan kebutuhan spesifik ruang server Anda. Dengan pemantauan real-time terhadap konsumsi daya, suhu, dan kelembaban, serta notifikasi langsung melalui berbagai platform, Anda dapat dengan cepat mendeteksi dan mengatasi masalah

Bergabunglah dengan lebih dari 25 klien kami yang telah merasakan manfaat dari solusi kami, dan biarkan Synapsis membantu Anda mengoptimalkan operasi data center Anda dengan cara yang paling efisien dan efektif. Hubungi kami hari ini disini untuk konsultasi dan temukan bagaimana CONNEX dapat mengubah cara Anda memantau dan mengelola ruang server Anda.

Kesimpulan

Pengelolaan data center adalah proses menyeluruh yang mencakup pengaturan dan pemeliharaan infrastruktur fisik dan digital di pusat data. Fungsi utama dari pengelolaan data center adalah untuk memastikan operasional yang efisien, handal, dan aman dari seluruh infrastruktur IT bisnis. Tanpa pemeliharaan dan monitoring yang tepat, sistem dapat mengalami kegagalan yang  menyebabkan downtime.

Tips Pengelolaan Data Center adalah meakukan pemantauan proaktif, optimalkan efisiensi energi dan pendinginan, pastikan keamanan fisik dan digital, terapkan redundansi dan backup, serta jalankan pemeliharaan dan pembaruan rutin. Synapsis hadir dengan solusi terbaik melalui CONNEX Server Monitoring System membangun sistem monitoring yang sepenuhnya sesuai dengan tata letak dan kebutuhan spesifik ruang server Anda secara real time. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami disini!

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more