
IoT menghubungkan berbagai jenis perangkat dalam kehidupan kita sehari-hari dan jumlah data yang dihasilkan oleh perangkat ini hanya akan melonjak. Pemasar dapat memanfaatkan data ini untuk menciptakan wawasan yang berdampak, mengidentifikasi pola untuk menangkap interaksi pelanggan, dan memprediksi perilaku dan gaya hidup pelanggan. Ini lebih lanjut membantu untuk membayangkan preferensi pelanggan dan menautkannya ke niat membeli.
Peran Internet dalam pemasaran Digital
- Pengembangan produk Dengan bantuan IoT, pemasar digital dapat memahami, apa yang sebenarnya diharapkan pelanggan dari merek mereka, yang akan membantu meningkatkan kualitas produk mereka.
Internet of things tidak hanya membantu meningkatkan kualitas produk, tetapi juga membantu meramalkan permintaan dan merencanakan produk baru. Mengakses data dari perangkat IoT akan membantu bisnis menjadi lebih baik dan lebih cepat dengan keputusan yang lebih baik.
- Menganalisis perilaku pembelian pelanggan IoT membantu untuk menganalisis kebutuhan konsumen, pola pembelian, tren apa yang memengaruhi pola pembelian konsumen, dan lokasi yang memungkinkan pemasar untuk menyesuaikan produk yang sesuai. IoT dapat memberikan informasi yang lebih akurat tentang preferensi konsumen.
Seperti Contoh dasar aplikasi IoT lainnya adalah penggunaan teknologi cloud di restoran atau café. Starbucks menggunakan mesin pembuat kopi yang terhubung dengan cloud. Hal ini memungkinkan Starbuck untuk melacak kopi favorit konsumen dan memperbarui resep kopi secara digital. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas konsumen melalui preferensi pelanggan.
- Data besar Perangkat pintar memungkinkan pemasar mengumpulkan banyak data tentang konsumen yang akan digunakan untuk kampanye pemasaran yang efektif. Perangkat IoT dapat menyediakan banyak data melalui sensor tentang konsumen daripada penelitian tradisional. Diperkirakan pada tahun 2020, sekitar 44 zettabytes data akan dihasilkan.
Data besar memberikan wawasan yang lebih akurat yang akan membantu pemasar mengurangi risiko dan meningkatkan peluang.
- Analisis pelanggan Dengan bantuan perangkat pintar, Anda dapat membaca pikiran konsumen Anda. Perangkat pintar menyediakan sejumlah besar data yang akan memberikan wawasan yang lebih dalam dan penting tentang pelanggan.
Data dari perangkat pintar digunakan untuk memahami gaya hidup konsumen Anda sehari-hari. Ini memungkinkan pemasar digital untuk mempromosikan produk berdasarkan data yang dikumpulkan.
- Pelacakan data Pelacakan data dari perangkat IoT akan membantu pemasar untuk memprediksi kapan pelanggan membutuhkan produk atau layanan tertentu. Ini juga digunakan untuk waktu penjualan dan wawasan pelanggan waktu nyata membantu pemasar meningkatkan penjualan.
- Personalisasi yang Lebih Baik Personalisasi adalah cara yang efektif untuk menjangkau, dan melibatkan audiens Anda. IOT membantu pemasar untuk terhubung dengan pelanggan mereka secara real-time. Ini membantu untuk menargetkan audiens dengan lebih akurat, dan meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran.
IoT memungkinkan Anda mengumpulkan berbagai informasi tentang pelanggan Anda yang akan membantu Anda mengidentifikasi jenis kampanye apa yang harus melibatkan pelanggan Anda.

Berdasarkan data yang terkumpul, pemasar dapat memberikan pesan yang optimal pada saat yang tepat untuk menyelesaikan perjalanan pembelian. Ini digunakan oleh pemasar untuk membuat iklan yang lebih relevan juga.
- Otomatisasi pemasaran Biasanya pemasar menghabiskan banyak waktu, dan upaya untuk mengumpulkan data pelanggan. Tetapi IoT membantu pemasar menghemat waktu dalam mengumpulkan dan menganalisis data.
- Kepuasan pelanggan Di dunia digital saat ini, semua orang menginginkan layanan pelanggan tercepat, dan itu sangat penting bagi setiap pemasar. Dengan bantuan data waktu nyata, pemasar dapat merespons pelanggan mereka lebih cepat.
- Lebih banyak konektivitas Di IoT, perangkat pintar apa pun dapat digunakan sebagai saluran untuk terhubung dengan pelanggan Anda. Jadi setiap produk pintar akan membantu pemasar untuk terhubung dengan pelanggan mereka, dan itu mengarah ke lebih banyak keterlibatan pelanggan.
Kesimpulan Internet of things membuat hidup lebih nyaman, dan memungkinkan kita untuk fokus pada hal-hal yang benar-benar penting bagi kita. Perkembangan IoT akan mendominasi dunia pemasaran digital dan memungkinkan pemasar untuk melakukan kampanye pemasaran yang efisien. Ini membawa konsumen, dan pemasar, cukup dekat untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain.