Sumber foto : Medcom.id

Internet of Things (IoT), atau yang diterjemahkan sebagai kecerdasan buatan, adalah teknologi masa kini yang kemudian banyak digunakan oleh berbagai perusahaan maupun organisasi. Salah satu penggunaan IoT yang bisa dinikmati oleh masyarakat adalah dalam industri transportasi.

Peran internet of things di industri transportasi sendiri juga cukup beragam, mulai dari pengelolaan lalu lintas, tol dan tiket, konektivitas kendaraan dengan internet, manajemen transportasi publik, hingga sistem pelacakan kendaraan atau tracking.
Simak penjelasan berikut untuk tahu lebih lengkap mengenai pintu tol dan tiket yang terbuka otomatis!

Saat sedang melaju di kawasan tol yang bebas macet, pengguna jalan biasanya tetap akan dihadapkan pada kondisi yang tidak menyenangkan, khususnya saat berhadapan dengan pintu tol. Pasalnya, banyak kendaraan yang kemudian antre lantaran ada kendala di bagian tiket. Melihat kondisi tersebut, IoT merespons dengan inovasi yang cukup unik.

Peran internet of things di sini adalah mendeteksi kendaraan yang akan masuk ke area tol, bahkan sejak berada 1 km sebelum pintu masuk. Dengan demikian, pintu tol akan lebih responsif terbuka dan membiarkan kendaraan melintas setelah membayar. Sistem pembayaran yang digunakan pun bisa lebih beragam hingga meliputi pembayaran digital.

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more