Near Field Communication (NFC) merupakan fitur yang cukup diperhitungkan bagi pecinta smartphone, NFC bertanggungjawab mengkomunikasikan dua perangkat melalui frekuensi radio. Namun, masih banyak pengguna yang belum paham apa itu NFC? bagaimana fungsinya? bagaimana cara kerjanya? Simak informasi yang sudah synapsis.id rangkum berikut ini.

Pengertian NFC

NFC adalah inovasi teknologi yang menghubungkan dua perangkat melalui radio frequency identification (RFID), frekuensi tersebut digunakan untuk mengidentifikasi data magnetic card melalui gelombang elektromagnetik sehingga perlu mendekatkan perangkat saat proses NFC terjadi.

Penggunaan RFID dalam fitur ini menjadi kelebihan tersendiri bagi NFC, pengguna smartphone tak perlu menggunakan koneksi internet saat menggunakannya sehingga lebih ringkas dan mudah. Agar NFC dapat bekerja, setidaknya ada dua perangkat pasif dan aktif agar dapat terkoneksi.

Contohnya saat pengguna smartphone ingin mengisi saldo e-money, terdapat interaksi dua perangkat yaitu kartu e-money selaku perangkat pasif dan smartphone selaku perangkat aktif. NFC bekerja saat kartu e-money didekatkan dan smartphone membaca kartu tersebut melalui frekuensi RFID.

Fungsi NFC

Pembayaran menggunakan sesama perangkat aktif. Foto : freepik.com

Mengisi saldo e-money

Pembayaran digital melalui e-money marak digunakan masyarakat perkotaan yang sering menggunakan transportasi umum. Pemerintah pun mendukung gerakan cashless ini dengan menerapkan pembayaran digital pada pintu masuk tol, mrt, lrt, hingga busway. 

Penerapan tersebut bertujuan mengurangi kepadatan saat pembayaran, sehingga efisiensi waktu masyarakat dapat terwujud. Salah satu fungsi NFC pada smartphone untuk mengisi saldo, tentu akan membantu masyarakat urban dalam beraktivitas.

Agar bisa mengetahui dan mengisi saldo e-money, pastikan kamu memiliki aplikasi yang mendukung fitur NFC. Kemudian dekatkan kartu dengan sensor NFC yang terletak dibelakang smartphone, secara otomatis frekuensi RFID akan membaca informasi kartu dan kamu bisa mengisi saldo dengan mudah. 

Scan KTP dan kartu identitas lain

Selain mengetahui dan mengisi saldo e-money, fungsi NFC yang tak kalah modernnya adalah mampu membaca KTP dan kartu identitas lain. Pastikan kartu dan aplikasi yang kamu punya kompetibel dengan fitur NFC, cara scannya sama seperti kamu ingin top-up e-money yaitu dengan mendekatkan kartu ke sensor NFC. 

Kirim dokumen sesama smartphone

NFC tak hanya berkaitan dengan koneksi kartu, fitur NFC ini juga dapat dilakukan antar smartphone untuk mengirim dokumen. Perlu diingat ketika kamu ingin mengirim file dengan NFC, kedua smartphone memiliki fitur ini dan menginstal aplikasi Android Beam agar terkoneksi. Bentuk file yang dapat dikirim meliputi foto, video, hingga aplikasi. 

Cara Kerja NFC

Pembayaran menggunakan perangkat aktif to pasif.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, NFC dapat bekerja ketika terdapat perangkat aktif sebagai transmitter dan perangkat pasif sebagai pemberi informasi. Perangkat pasif hanya bisa memberikan informasi sehingga membutuhkan perangkat aktif untuk mengolah informasi. 

Perangkat aktif dalam hal ini smartphone dapat mengirim maupun menerima data, kondisi tersebut memungkinkan perangkat aktif dapat terkoneksi dengan sesama perangkat aktif. Contohnya adalah bertukar dokumen melalui NFC, dalam kondisi tersebut satu smarphone bertindak sebagai penerima dan smartphone lain sebagai pengirim atau sebaliknya.