fungsi nfc di hp

Near Field Communication (NFC) merupakan fitur yang cukup diperhitungkan bagi pecinta smartphone. Fungsi NFC di HP bertanggungjawab mengkomunikasikan dua perangkat melalui frekuensi radio. Namun, masih banyak pengguna yang belum paham apa itu NFC? bagaimana fungsinya? bagaimana cara kerjanya? Simak informasi yang sudah synapsis.id rangkum berikut ini.

Rangkuman

  • NFC pada HP adalah konsep menghubungkan dua perangkat melalui radio frequency identification (RFID) untuk mengidentifikasi data magnetic card melalui gelombang elektromagnetik
  • NFC dapat bekerja ketika terdapat perangkat aktif sebagai transmitter dan perangkat pasif sebagai pemberi informasi. Perangkat pasif hanya bisa memberikan informasi sehingga membutuhkan perangkat aktif untuk mengolah informasi.
  • Fungsi NFC di HP antara lain adalah pembayaran digital, otomatisasi, pemantauan, dan konfigurasi pada platform lain.

Pengertian NFC

NFC adalah inovasi teknologi yang menghubungkan dua perangkat melalui radio frequency identification (RFID), frekuensi tersebut digunakan untuk mengidentifikasi data magnetic card melalui gelombang elektromagnetik sehingga perlu mendekatkan perangkat saat proses NFC terjadi.

Penggunaan fitur NFC di HP berupa RFID, ini menjadi kelebihan tersendiri bagi NFC, pengguna smartphone tak perlu menggunakan koneksi internet saat menggunakannya sehingga lebih ringkas dan mudah. Agar NFC dapat bekerja, setidaknya ada dua perangkat pasif dan aktif agar dapat terkoneksi.

Contohnya saat pengguna smartphone ingin mengisi saldo e-money, terdapat interaksi dua perangkat yaitu kartu e-money selaku perangkat pasif dan smartphone selaku perangkat aktif. NFC bekerja saat kartu e-money didekatkan dan smartphone membaca kartu tersebut melalui frekuensi RFID.

Cara Kerja NFC di HP

fungsi nfc di hp

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, NFC dapat bekerja ketika terdapat perangkat aktif sebagai transmitter dan perangkat pasif sebagai pemberi informasi. Perangkat pasif hanya bisa memberikan informasi sehingga membutuhkan perangkat aktif untuk mengolah informasi. 

Perangkat aktif dalam hal ini smartphone dapat mengirim maupun menerima data, kondisi tersebut memungkinkan perangkat aktif dapat terkoneksi dengan sesama perangkat aktif. Contohnya adalah bertukar dokumen melalui NFC, dalam kondisi tersebut satu smarphone bertindak sebagai penerima dan smartphone lain sebagai pengirim atau sebaliknya.

Fungsi NFC di HP

fungsi nfc di hpNFC di HP memiliki beragam fungsi yang memudahkan kegiatan sehari-hari penggunanya. Dari pembayaran di kasir hingga pengaturan otomatis ponsel, NFC menawarkan beragam solusi efisien. Berikut adalah beberapa fungsi utama NFC dalam smartphone.

Memudahkan pembayaran digital

NFC membuat pembayaran digital menjadi sangat mudah dan cepat. Dengan hanya menyentuhkan HP ke terminal pembayaran yang mendukung NFC, transaksi dapat diselesaikan dalam hitungan detik. Ini tidak hanya mempercepat proses pembayaran tetapi juga meningkatkan keamanan karena tidak perlu lagi membawa kartu fisik atau uang tunai.

Memudahkan berbagi file

NFC memungkinkan pengguna untuk mengotomatiskan pengaturan ponsel dengan hanya menyentuhkan HP ke tag NFC. Misalnya, dengan menyentuh tag NFC di meja kerja, HP dapat secara otomatis beralih ke mode bisu, mengaktifkan Wi-Fi, atau membuka aplikasi tertentu. Fitur ini tentu akan memudahkan pengaturan ponsel sesuai dengan konteks penggunaan.

Otomatiskan Pengaturan Ponsel

NFC memungkinkan pengguna untuk mengotomatiskan pengaturan ponsel dengan hanya menyentuhkan HP ke tag NFC. Contoh penggunaannya adalah dengan menyentuh tag NFC di meja kerja, HP dapat secara otomatis beralih ke mode bisu, mengaktifkan Wi-Fi, atau membuka aplikasi tertentu. Fungsi ini dapat memudahkan pengaturan ponsel sesuai dengan keinginan pengguna secara otomatis.

Memantau dan melacak logistik

Dalam bidang logistik, NFC berguna untuk memantau dan melacak pergerakan barang. Dengan menempelkan tag NFC pada barang, informasi terkait dapat dengan mudah diakses melalui HP. Dengan pemantauan real-time dan manajemen inventarisnya, fungsi NFC ini cukup berguna bagi beberapa operasional bisnis secara luas.

Smart ticket dan Smart card

Fungsi selanjutnya adalah NFC memungkinkan HP berfungsi sebagai tiket elektronik atau kartu akses, seperti untuk transportasi umum atau event. Pengguna hanya perlu menunjukkan HP mereka pada pintu masuk atau terminal sehingga memudahkan akses dan mengurangi kebutuhan akan tiket fisik atau kartu. Fungsi ini sudah terimplementasi dengan baik pada berbagai moda transportasi umum di Indonesia.

Melakukan Akses ke tempat publik

Saat ini, smart building sudah terimplementasikan ke berbagai tempat publik. Oleh karena itu, HP dengan NFC berguna untuk mengakses fasilitas publik tersebut seperti gedung perkantoran, gym, atau bahkan rumah. Sistem keamanan yang dilengkapi dengan NFC memungkinkan pengguna membuka pintu dengan menyentuhkan HP sehingga dapat meningkatkan keamanan dan kemudahan akses.

Konfigurasi perangkat pintar

fungsi NFC selanjutnya adalah kemampuannya untuk terkonfigurasi pada berbagai perangkat pintar. NFC memudahkan konfigurasi awal perangkat pintar, seperti speaker, lampu, atau thermostat. Dengan hanya menyentuhkan HP ke perangkat, pengguna dapat dengan cepat menghubungkannya ke jaringan Wi-Fi dan mengonfigurasi pengaturan tanpa perlu proses manual yang rumit.

Mengisi ulang daya Smartphone

Saat ini, beberapa HP mendukung pengisian daya nirkabel melalui NFC. Pengguna dapat mengisi ulang baterai HP mereka dengan hanya meletakkannya di atas pad pengisian yang kompatibel sehingga memudahkan pengisian daya tanpa perlu kabel. Oleh karena itu, fungsi yang satu ini menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang lebih senang dengan penggunaan kabel yang sedikit.

Penggunaan dalam Kendaraan

NFC pada HP dapat meningkatkan pengalaman berkendara dengan memudahkan integrasi HP dengan sistem kendaraan. Misalnya, pengguna dapat memulai navigasi, memutar musik, atau mengatur panggilan hands-free dengan hanya menyentuhkan HP ke area tertentu di mobil. Bahkan fungsi ini saat ini sudah menjamur pada hampir seluruh kendaraan jenis baru.

Pemantauan Kesehatan

Siapa yang tidak menginginkan teknologi monitoring kesehatan yang canggih? Dengan NFC, Perangkat kesehatan dapat dengan mudah disinkronkan dengan HP untuk  memungkinkan pengguna memantau data kesehatan seperti jumlah langkah, detak jantung, dan lainnya. Fungsi ini membantu pengguna untuk tetap terinformasi tentang kondisi kesehatan mereka dan memudahkan pengelolaan data kesehatan secara digital.

Kesimpulan

Fungsi NFC di HP telah membuka pintu baru untuk interaksi yang lebih cepat dan aman antara perangkat. Kemudahan penggunaannya menjadikan NFC sebagai teknologi yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari melakukan pembayaran secara digital hingga mengotomatiskan pengaturan pada perangkat, NFC menyediakan kemudahan dan efisiensi yang memperkaya pengalaman pengguna.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, kita dapat mengantisipasi munculnya lebih banyak inovasi dan aplikasi NFC. Potensi penggunaannya yang luas menjanjikan peningkatan signifikan dalam cara kita berinteraksi dengan perangkat dan layanan sehari-hari. Dengan demikian, NFC siap memainkan peran kunci dalam membentuk masa depan interaksi digital yang lebih mudah dan aman.

 

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more