smart retail adalah

Smart retail adalah sebuah teknologi yang sangat penting dalam dunia digital saat ini. Segala operasional manual pada akhirnya akan tergantikan oleh teknologi ini seiring perkembangan zaman. Simak penjelasan berikut ini mengenai artikel lengkap mengenai penjelasan smart retail beserta manfaatnya bagi bisnis retail!

Apa itu Smart Retail?

Smart retail adalah sebuah evolusi dalam industri ritel yang memanfaatkan teknologi canggih untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman belanja pelanggan. Dalam konteks ini, teknologi seperti artificial intelligence, Internet of Things, augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan pembayaran tanpa kontak menjadi inti dari teknologi ini.. Pemanfaatan AI dan analitik data memungkinkan personalisasi berbasis data yang berguna untuk memenuhi ekspektasi konsumen modern. 

Pemanfaatan AI dan big data dalam smart retail memungkinkan personalisasi berbasis data yang sangat berguna untuk memenuhi ekspektasi konsumen modern. Selain itu, aplikasi AR dan VR juga menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih imersif sehingga  memungkinkan pelanggan untuk ikut merasakan produk secara virtual sebelum melakukan pembelian. Oleh karena itu, smart retail adalah salah satu inovasi yang memberikan dampak manajemen bisnis retail yang efisien

Smart Retail Market Size Tahun 2024

Menurut penelitian, ukuran pasar atau market size smart retail global mengalami pertumbuhan yang signifikan dan akan terus berkembang pesat dalam beberapa tahun mendatang. Pada tahun 2022, ukuran pasar sekitar sebesar USD 30,30 miliar dan memiliki potensi untuk tumbuh menjadi USD 299,76 miliar pada tahun 2031, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 29% selama periode perkiraan 2024-2031.

Faktor pendorong utama pertumbuhan smart retail adalah peningkatan permintaan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Peningkatan pengalaman tersebut membutuhkan implementasi teknologi seperti Internet of Things (IoT), Kecerdasan Buatan (AI), dan Identifikasi Frekuensi Radio (RFID). Seperti yang kita ketahui bahwa ketiga teknologi tersebut memang semakin populer untuk terimplementasi pada berbagai bidang bisnis seperti bisnis retail.

Fitur Smart Retail untuk Bisnis Retail

Sesuai dengan penelitan yang sama, pasar dari smart retail adalah visual marketing, smart label, smart payment, dan sistem cerdas lainnya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai fitur dari smart retail yang perlu Anda simak!

1. Smart people count

Smart People Count memungkinkan pengelolaan jumlah pengunjung secara real-time. Fitur ini menggunakan sensor dan teknologi pengenalan gambar untuk menghitung secara akurat jumlah orang yang masuk dan keluar dari toko. Cara kerja dari smart people count menggunakan beberapa fitur, termasuk titik awal, arah, kecepatan, dan panjang PF, untuk mengelompokkan beberapa objek dan membedakan objek. Objek tersebut kemudian secara sistem terdeteksi ke dalam visitor management system.

2. Smart security

Smart Security mengintegrasikan sistem keamanan cerdas, seperti kamera pengawas AI yang dapat mendeteksi perilaku mencurigakan dan mencegah kehilangan barang. Sistem ini bekerja menggunakan kombinasi berbagai sensor yang berkomunikasi melalui frekuensi radio atau kabel ke pengontrol pusat. Keamanan cerdas dalam smart retail adalah salah satu implementasi penting pada bisnis retail seperti toko dan swalayan.

3. Automated checkout

Automated Checkout memungkinkan pelanggan untuk menyelesaikan pembelian tanpa perlu berinteraksi langsung dengan kasir. Manfaat dari teknologi smart retail ini adalah pelanggan dapat memindai produk mereka sendiri dan melakukan pembayaran melalui aplikasi mobile atau kiosk self-service. Sistem ini akan mempercepat proses checkout dan memberikan kebebasan lebih kepada pelanggan untuk berbelanja sesuai dengan keinginan mereka sendiri.

4. Retail inventory management

Manajemen inventori retail yang otomatis menggunakan AI dan data analytics untuk memantau stok barang secara real-time.. Sistem ini mengurangi risiko kehabisan stok atau overstock sehingga memastikan ketersediaan produk yang tepat pada waktu yang tepat. Dengan manajemen inventori yang lebih akurat, toko dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan efisiensi operasional.

5. Smart supply chain management

Fitur selanjutnya dari smart retail adalah manajemen rantai pasokan cerdas yang mengintegrasikan IoT, AI, dan analitik data untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam rantai pasokan. Dengan pemantauan real-time dan otomatisasi proses, sistem ini memastikan pengiriman barang tepat waktu.. Smart Supply Chain Management memungkinkan bisnis retail untuk beradaptasi dengan perubahan pasar dengan lebih cepat.

6. Rekomendasi personal

Teknologi rekomendasi personal menggunakan data pembelian dan preferensi pelanggan untuk menyajikan saran produk yang sesuai. Melalui analisis big data sistem ini dapat mengidentifikasi pola pembelian dan preferensi pelanggan sehingga menawarkan rekomendasi yang relevan. Fitur ini tidak hanya meningkatkan penjualan tapi juga memperkuat hubungan pelanggan dengan merek.

Baca juga: Asset Tracking Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya!

Manfaat Smart Retail bagi Bisnis

Melalui penerapan fitur-fitur manajemen toko yang cerdas, bisnis ritel dapat berkembang dengan memanfaatkan kekuatan digitalisasi. Manfaat utama dari implementasi smart retail adalah sebagai berikut!

1. Peningkatan pengalaman pelanggan

Manajemen toko cerdas menyediakan peluang unik untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menawarkan layanan yang lebih personal dan efisien. Melalui analitik data canggih dan AI, ritel dapat memahami preferensi dan perilaku pelanggan secara lebih mendalam dan rekomendasi terpersonalisasi. Inovasi teknologi yang canggih ini meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap bisnis retail.

2. Optimalisasi persediaan

Manajemen persediaan merupakan salah satu tantangan terbesar dalam bisnis ritel. Dengan menggunakan sistem smart retail, toko retail offline atau online dapat mengoptimalkan persediaan mereka secara real-time sehingga mengurangi overstock dan stockouts. Teknologi ini memungkinkan prediksi permintaan yang lebih akurat untukmemastikan bahwa produk yang tepat tersedia di waktu yang tepat. 

3. Penghematan biaya operasional

Implementasi teknologi smart retail adalah membantu mengurangi biaya operasional dengan mengotomatisasi proses bisnis. Fitur sepeti pencahayaan cerdas hingga sistem checkout otomatis dapat mengurangi kebutuhan akan kasir sehingga mengurangi biaya tenaga kerja dan utilitas. Selain itu, analitik prediktif membantu dalam pengelolaan persediaan yang lebih efisien.

4. Peningkatan penjualan

Dengan menyediakan pengalaman belanja yang lebih personal dan efisien, smart retail dapat secara signifikan meningkatkan penjualan. Sistem rekomendasi cerdas mampu menawarkan produk yang sesuai dengan preferensi pelanggan, mendorong pembelian impulsif dan meningkatkan nilai transaksi. Fasilitas seperti layar interaktif dan aplikasi mobile memudahkan pelanggan untuk menemukan informasi produk dan penawaran khusus.

5. Mengurangi antrean

Salah satu keuntungan paling nyata dari smart retail adalah kemampuannya untuk mengurangi antrean. Teknologi seperti pembayaran tanpa kasir dan kiosk self-service memungkinkan pelanggan untuk menyelesaikan pembelian mereka dengan cepat dan mengurangi waktu antre. Selain itu, sistem manajemen antrean digital dapat mengoptimalkan aliran pelanggan di dalam toko secara efektif.

Kesimpulan

Smart retail adalah sebuah evolusi dalam industri ritel yang memanfaatkan teknologi canggih untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman belanja pelanggan. Menurut penelitian, market size dari industri ini mengalami pertumbuhan yang signifikan dan akan terus berkembang pesat dalam beberapa tahun mendatang. Faktor pendorongnya termasuk peningkatan permintaan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Sesuai dengan penelitan yang sama, pasar ini terbagi menjadi beberapa segmen, termasuk visual marketing, smart label, smart payment, dan sistem cerdas lainnya. Beberapa fitur tersebut sudah dilengkapi dengan tenknologi inovatif seperti AI dan IoT. Oleh karena itu, manfaat yang bisa bisnis dapatkan dari penggunaan smart retail meliputi efisiensi dan optimalisasi operasional bisnis retail. 

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more