
Apa itu Teknologi Pengenalan Wajah?
Sistem pengenalan wajah adalah contoh teknologi biometrik, dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi orang dengan menganalisis wajah mereka ini biasanya dicapai dengan membandingkan gambar yang dipindai atau bingkai dari video dengan wajah-wajah yang ada dalam database, mencocokkannya berdasarkan fitur wajah dan tekstur kulit.
Teknologi ini juga dapat digunakan secara lebih umum untuk mengenali hal-hal tertentu tentang wajah, seperti apakah wajah itu milik pria atau wanita, atau kisaran usia orang tersebut. Pengenalan wajah digunakan oleh layanan keamanan, penegak hukum dan perusahaan teknologi, dan menjadi lebih umum di industri perhotelan.
Pengenalan Wajah Dalam Industri Perhotelan
Industri perhotelan berurusan dengan sejumlah besar pelanggan sekaligus, dan untuk pemilik hotel, maskapai penerbangan, dan perusahaan lain, ini adalahprioritas utama untuk menanganinya secara efisien, tanpa mengorbankan keselamatan. Akibatnya, ini adalah bidang yang ideal untuk menerapkan teknologi pengenalan wajah.
Secara khusus, sistem pengenalan wajah dapat digunakan untuk mengotomatiskan proses verifikasi atau otorisasi tertentu di sepanjang perjalanan pelanggan, dan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan . Selain itu, kemampuan untuk mengidentifikasi orang-orang tertentu, bahkan dalam kelompok besar, bisa sangat menguntungkan, membantu membuat sistem keamanan lebih kuat.

Berikut merupakan manfaat pengenalan wajah di industri perhotelan :
- Keamanan dan Akses
Salah satu cara utama pengenalan wajah dapat digunakan dalam industri perhotelan adalah untuk tujuan keamanan dan akses. Dalam pengaturan hotel, ini mungkin berarti menggunakan teknologi untuk memberi tamu akses ke kamar hotel mereka, sementara di bandara, ini mungkin digunakan sebagai pengganti boarding pass dan pemeriksaan paspor.
Dalam hal keamanan, teknologi juga sangat penting dalam membantu mengidentifikasi tamu yang mengganggu, atau tamu yang sebelumnya telah dipindahkan dari tempat tersebut. Selain itu, pengenalan wajah dapat digunakan oleh penegak hukum, tim keamanan bandara, dan organisasi serupa untuk masalah keamanan yang lebih kritis.
- Layanan Pelanggan
Teknologi ini juga dapat digunakan oleh mereka yang berada dalam industri perhotelan untuk memberikan tingkat layanan pelanggan yang lebih baik. Misalnya, pengenalan wajah dapat memungkinkan karyawan untuk mengidentifikasi tamu dengan cepat, mungkin bahkan sebelum mereka check-in, dan menyampaikan salam yang lebih personal dan layanan yang lebih disesuaikan.
Jika sebuah perusahaan memiliki skema hadiah pelanggan, anggota dapat diberikan opsi untuk mengunggah foto saat mendaftar. Pengenalan wajah kemudian dapat memungkinkan perusahaan itu untuk secara instan mengidentifikasi anggota dan memberi mereka hadiah. Teknologi ini juga dapat mengidentifikasi pelanggan yang kembali, memungkinkan mereka untuk diberi penghargaan juga.
- Otorisasi Pembayaran
Pengenalan wajah juga berperan dalam membantu mengotorisasi pembayaran, membuat proses itu lebih efisien. Perusahaan seperti MasterCard telah menerapkan sistem yang didukung oleh pengenalan wajah, di mana pelanggan dapat mengonfirmasi pembayaran menggunakan kamera di ponsel mereka, atau kamera yang disediakan oleh vendor.
Dalam hal bagaimana ini dapat digunakan oleh mereka yang berada di sektor perhotelan , bayangkan sebuah hotel di mana tamu pergi ke kios, check out menggunakan pengenalan wajah dan mengkonfirmasi pembayaran mereka dengan cara yang sama, tanpa perlu berinteraksi dengan satu karyawan hotel. Kios juga dapat digunakan di restoran, memungkinkan pelanggan membayar dengan lancar saat keluar.
- Riset dan Informasi
Terakhir, untuk memahami pelanggan, meningkatkan layanan, dan mengoptimalkan proses, hotel dan perusahaan lain harus dapat mengumpulkan umpan balik dan data. Ini adalah area di mana kegunaan untuk pengenalan wajah mungkin kurang terlihat, tetapi di mana kegunaan itu bisa sangat bermanfaat.
Teknologi ini dapat diatur untuk tujuan riset pasar, membantu perusahaan mengetahui dengan tepat berapa banyak orang yang berada di suatu lokasi pada waktu tertentu. Selain itu, dapat digunakan untuk menarik kesimpulan tentang pelanggan juga, membaca ekspresi mereka untuk memastikan suasana hati mereka, atau fitur wajah mereka untuk memastikan usia atau jenis kelamin mereka. Yang paling mengesankan, data ini dapat dikumpulkan secara otomatis, kapan saja, siang atau malam.
Contoh Pengenalan Wajah di Industri Perhotelan
Hingga saat ini, salah satu penggunaan pengenalan wajah yang paling efektif dalam manajemen perhotelan adalah sebagai bagian dari proses check-in hotel. Di dua hotel Marriott yang berbeda di Cina, misalnya, para tamu kini memiliki pilihan untuk melewati meja check-in tradisional dan alih-alih menuju ke kios. Di sana, teknologi pengenalan wajah memindai wajah mereka, mengidentifikasi mereka, dan memberi mereka kartu kunci, semuanya dalam waktu sekitar satu menit.