Sistem Monitoring Berbasis IoT

Teknologi IoT telah mengubah cara perusahaan mengumpulkan data, memonitor operasi, dan membuat keputusan strategis. Sistem monitoring berbasis IoT memungkinkan bisnis untuk mengotomatiskan pengawasan aset dan proses secara real-time. Hal ini membuat bisnis modern menjadi lebih adaptif dalam perubahan besar. Lalu apa itu konsep sistem monitoring berbasis IoT? Apa Implementasinya dalam bisnis? Simak berikut ini!

Apa itu Sistem Monitoring Berbasis IoT?

Sistem monitoring berbasis IoT adalah penggunaan sensor dan perangkat terhubung untuk memantau operasi bisnis secara otomatis. Hal ini dengan mengumpulkan dan menganalisis data secara real-time. Sensor pada peralatan memprediksi kebutuhan pemeliharaan sebelum terjadi kerusakan. Hal ini meminimalkan waktu henti dan memperpanjang umur aset. 

IoT atau Internet of Things memungkinkan pengumpulan data yang sangat spesifik, tidak hanya di tingkat lokasi tapi juga unit atau bahkan komponen individu dalam suatu mesin. Kemampuan ini memberikan gambaran mendetail tentang performa, keausan, dan kebutuhan operasional yang sebelumnya sulit didapatkan. Selain itu, kemampuan IoT untuk tidak hanya mengidentifikasi pemeliharaan saat ini tetapi memprediksi kegagalan masa depan.

Cara Kerja Sistem Monitoring Berbasis IoT

 Sistem Monitoring Berbasis IoTCara kerja sistem monitoring berbasis IoT dimulai dari berbagai sensor IoT yang terpasang pada objek atau di lingkungan sekitar untuk mengumpulkan data real-time seperti suhu, kelembapan, tekanan, lokasi, dan banyak lagi. Data yang terkumpul dikirim melalui jaringan internet, menggunakan konektivitas seperti Wi-Fi, Bluetooth, atau LTE ke platform cloud. Di cloud, data diolah dan dianalisis untuk mendapatkan insight dengan algoritma dan model analitik.

Selanjutnya, berdasarkan analisis, sistem dapat mengatur tindakan otomatis melalui aktuator untuk diproses ke pengguna melalui dashboard atau aplikasi mobile. Pengguna dapat melihat ringkasan data dan grafik melalui antarmuka pengguna dan dapat membuat keputusan atau mengontrol sistem secara manual jika diperlukan. Insight menariknya, Kecerdasan buatan dan machine learning kini semakin terintegrasi dalam IoT

Contoh Implementasi Sistem Monitoring Berbasis IoT

Sistem Monitoring Berbasis IoTPenerapan Internet of Things (IoT) telah membawa revolusi dalam cara kita memantau dan mengelola berbagai sistem. Implementasi sistem monitoring berbasis IoT dalam bisnis dapat meningkatkan efisiensi danmemastikan ketepatan dan kecepatan dalam pengambilan data. SImak penjelasan lengkap mengenai contoh implementasinya berikut! 

1. Monitoring asset bisnis

Aset bisnis dapat berupa peralatan, mesin, kendaraan, dan inventaris lainnya. Sensor IoT dapat mengumpulkan data tentang lokasi, kondisi, penggunaan, dan status operasional aset tersebut. Perusahaan retail dapat menggunakan sensor IoT untuk melacak jumlah stok barang secara otomatis. Ketika stok menipis, sistem dapat memberikan peringatan atau bahkan memesan ulang barang secara otomatis.

2. Monitoring kendaraan atau alat berat

Monitoring kendaraan atau alat berat menggunakan IoT melibatkan pemasangan sensor dan perangkat yang terhubung ke interne untuk mengelola performa kendaraan secara real-time. Pada proyek tambang, alat berat seperti ekskavator, buldoser, dan conveyor belt dapat dilengkapi dengan sensor. Hal ini untuk memantau jam operasi, kondisi mesin, dan lokasi alat berat di situs pertambangan. 

3. Monitoring mesin dan peralatan industri

Dalam dunia industri, mesin dan peralatan lebih rentan mengalami kerusakan mendadak yang bisa menyebabkan downtime yang signifikan. Dengan mendeteksi tanda-tanda awal kerusakan, bisnis dapat melakukan pemeliharaan sebelum masalah menjadi serius. Bayangkan sebuah perusahaan yang bergantung pada mesin untuk memproduksi barang harus mengalami kerusakan tiba-tiba. Untuk itulah , IoT mengatasi permasalahan ini.

4. Monitoring suhu dan kelembapan

Di pusat data (data center), fluktuasi suhu dan kelembapan dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat keras, yang dapat menyebabkan downtime dan kehilangan data. Sistem monitoring berbasis IoT memungkinkan operator untuk mendeteksi dan mengatasi masalah sebelum menyebabkan kerusakan serius. Pada tahun 2023, Overheating data center menyebabkan berhentinya 2,5 juta transaksi bank yang sangat merugikan di Singapore. 

5. Monitoring lingkungan

Sistem monitoring berbasis IoT untuk lingkungan adalah penggunaan teknologi dan alat untuk mengontrol masalah lingkungan seperti suhu, kelembapan, kualitas udara, dan polusi. Sistem monitoring lingkungan menjadi alat yang esensial dalam berbagai industri untuk menjaga kualitas ioperasional mereka. Contohnya adalah industri tambang yang berpotensi merusak lingkungan. Sistem ini membantu mendeteksi dan mengurangi dampak tersebut. 

Solusi Sistem Monitoring Berbasis IoT dengan Synapsis

Sistem Monitoring Berbasis IoTSynapsis menghadirkan solusi sistem monitoring berbasis IoT canggih melalui platform CONNEX untuk memenuhi beragam kebutuhan bisnis Anda. CONNEX menawarkan pemantauan real-time yang dapat diakses melalui aplikasi web dan mobile. Dengan fitur notifikasi langsung melalui WhatsApp, Telegram, email, atau dashboard, Anda akan segera mengetahui setiap anomali yang terjadi. Dengan teknologi komunikasi seperti HTTP, MQTT, bahkan Starlink memastikan data dikirim dengan cepat dan aman. 

Synapsis telah membantu lebih dari 25 klien dengan lebih dari 450 solusi yang diterapkan sejak 2019. Synapsis berkomitmen untuk memberikan solusi sistem monitoring berbasis IoT tailor-made yang sesuai dengan kebutuhan spesifik industri Anda. Tingkatkan potensi bisnis Anda dengan Synapsis dan rasakan transformasi digital yang membawa bisnis Anda ke level berikutnya.

Kesimpulan

Sistem monitoring berbasis IoT adalah penggunaan sensor dan perangkat terhubung untuk memantau operasi bisnis secara otomatis. Cara kerja sistem monitoring dimulai dari berbagai sensor untuk mengumpulkan data real-time, kemudian dikirim melalui jaringan internet untuk diolah pada sistem cloud. Setelah itu, data mentah tadi kemudian diteruskan ke pengguna melalui dashboard.

Beberapa contoh implementasi sistem monitoring berbasis IoT diantaranya adalah monitoring asset bisnis, monitoring kendaraan atau alat berat, monitoring mesin dan peralatan industri, monitoring suhu dan kelembapan, dan monitoring lingkungan. Solusi sistem monitoring IoT yang terbaik adalah Synapsis yang menghadirkan solusi monitoring canggih melalui platform CONNEX. Segera konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami!

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more