kelebihan dan kekurangan iot

Berdasarkan penelitian, Ukuran pasar IoT industri global diperkirakan akan mencapai sekitar USD 1,562.35 miliar pada tahun 2032. Hal ini menimbulkan pembahasan mengenai kelebihan IoT dan kekurangan IoT. Lalu, apakah IoT merupakan teknologi yang layak? Simak artikel lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan IoT berikut ini.

Apa Kelebihan IoT?

IoT) telah menjadi salah satu inovasi teknologi yang paling berpengaruh, terutama dalam cara bisnis dan industri melakukan operasional mereka. IoT membawa sejumlah kelebihan dengan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan IoT berikut ini!

1. Meningkatkan efisiensi operasional

Kelebihan IoT memungkinkan otomatisasi dan kontrol proses bisnis sehingga secara signifikan meningkatkan efisiensi operasional. Dengan sensor dan perangkat yang terhubung, perusahaan dapat memantau dan mengelola aset secara real-time.. Automasi yang dimungkinkan oleh IoT juga meminimalkan kesalahan manusia serta mempercepat waktu respons terhadap masalah operasional.

2. Pengambilan keputusan berbasis data

IoT memberdayakan perusahaan untuk membuat keputusan yang didasarkan pada data yang akurat. Informasi ini memungkinkan prediksi tren pasar yang lebih baik, identifikasi peluang baru, dan pengembangan strategi yang lebih efektif. Analitik yang diperkuat oleh data IoT juga membantu dalam mengoptimalkan rantai pasokan, meningkatkan kualitas produk, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. 

3. Memastikan keselamatan

Dengan kelebihan IoT , bisnis dapat memastikan keselamatan dan keamanan di lingkungan kerja. Sensor yang terhubung dapat mendeteksi kondisi berbahaya secara dini sehingga memungkinkan intervensi cepat untuk mencegah kecelakaan atau insiden. Dalam industri seperti manufaktur, konstruksi, dan transportasi, IoT menyediakan alat untuk pemantauan keamanan yang lebih ketat dan pencegahan risiko. 

4. Meningkatkan trust building perusahaan

IoT membantu dalam membangun kepercayaan dengan pelanggan melalui transparansi dan akuntabilitas yang lebih besar. Dengan IoT, perusahaan dapat menyediakan pelanggan dengan informasi mendetail tentang asal-usul produk, proses produksi, dan praktik keberlanjutan. Kepercayaan ini diperkuat dengan kemampuan untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih responsif dan personalisasi.

5. Menghemat energi dan sumberdaya

IoT menawarkan solusi untuk pengelolaan energi dan sumber daya yang lebih efisien untuk mendukung upaya keberlanjutan lingkungan. Dengan kelebihan iot berupa sistem manajemen energi yang terintegrasi, perusahaan dapat mengoptimalkan konsumsi energi, mengurangi emisi karbon, dan meminimalkan jejak ekologis mereka. Sensor cerdas memungkinkan deteksi kebocoran atau pemborosan sumber daya, memastikan penggunaan air, gas, dan bahan lainnya secara lebih efektif.

Apa Kekurangan IoT?

kelebihan dan kekurangan iotKelebihan iot yang signifikan bagi dunia bisnis dan kehidupan sehari-hari, tidak menutupi beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Dalam mengadopsi teknologi IoT, penting bagi perusahaan dan individu untuk memahami potensi risiko. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai kekurangan IoT yang perlu Anda simak!

1. Masalah keamanan dan privasi

Dengan jumlah perangkat IoT yang terus bertambah, masalah keamanan dan privasi menjadi semakin kritis. Perangkat IoT sering kali dikritik karena memiliki fitur keamanan yang lemah sehingga membuat mereka rentan terhadap serangan siber dan pencurian data. Kekurangan iot ini tidak hanya menimbulkan risiko terhadap informasi pribadi pengguna tetapi juga dapat membahayakan infrastruktur kritis. 

2. Kompleksitas

Kompleksitas sistem menjadi kekurangan IoT dalam pengimplementasiannya. Dari instalasi perangkat, integrasi sistem, hingga pengelolaan data, banyak aspek yang harus dikelola dengan cermat. Dalam banyak kasus, kompleksitas ini dapat meningkatkan kemungkinan kesalahan dan kerusakan sistem sehingga dapat mengurangi efektivitas solusi IoT secara keseluruhan.

3. Biaya implementasi

Investasi awal untuk perangkat keras, perangkat lunak, dan infrastruktur jaringan cenderung cukup tinggi. Selain itu, biaya operasional, termasuk pemeliharaan sistem dan biaya langganan untuk layanan cloud, dapat menambah beban finansial bagi perusahaan. Meskipun IoT menjanjikan ROI yang menguntungkan, hambatan biaya awal ini seringkali menjadi pertimbangan utama.

Tips Mengatasi Kekurangan IoT

kelebihan dan kekurangan IoT

Synapsis.id hadir sebagai pelopor solusi Internet of Things (IoT) di Indonesia, mengatasi tiga kekurangan IoT yang palng utama: keamanan dan privasi, kompleksitas, serta biaya implementasi. Dengan Synapsis.id, masalah keamanan dan privasi bukan lagi menjadi penghalang, berkat penerapan solusi berbasis cloud yang aman dan aplikasi terhubung web & seluler yang terintegrasi.

Kami memahami bahwa kompleksitas seringkali menjadi penghambat dalam adopsi IoT; oleh karena itu, Synapsis.id menawarkan desain dan pengembangan perangkat keras yang mudah diintegrasikan serta platform konektivitas jaringan yang sederhana, memastikan solusi IoT Anda mudah dikelola dan dioperasikan

Selain itu, dengan pendekatan end-to-end dari Synapsis.id, biaya implementasi menjadi lebih terjangkau. Dari analisis kebutuhan, desain sistem, prototyping, hingga manufaktur, kami menawarkan solusi bisnis yang disesuaikan, termasuk aplikasi web, aplikasi mobile, dan teknologi energi terbarukan sehingga memberikan nilai tambah yang signifikan bagi operasional bisnis Anda tanpa membebani anggaran​ 

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more