IoT dalam penerbangan

IoT dalam penerbangan menunjukkan kenaikan angka yang signifikan. Menurut penelitian markets&markets, compounded annual growth rate (CAGR) dari smart airport antara tahun 2022 – 2027 sebesar 3,5%. Lalu apa penerapannya dan apa alasan dibaliknya? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya!

Rangkuman

  • IoT dalam penerbangan adalah konsep teknologi memanfaatkan sensor dan perangkat cerdas untuk memudahkan navigasi terminal, menyediakan informasi penerbangan real-time, dan layanan personalisasi.
  • Penerapan IoT dalam penerbangan antara lain adalah Aircraft Predictive Maintenance, Fuel Efficiency, Flight Data Monitoring, Weather Monitoring, Air Traffic Management, Baggage Tracking, dan Cabin IoT.
  • Manfaat IoT dalam Penerbangan antara lain adalah efisiensi dan optimasi operational penerbangan, kenyamanan penumpang, serta keamanan penerbangan.

Konsep IoT dalam Penerbangan

IoT dalam penerbangan adalah konsep teknologi memanfaatkan sensor dan perangkat cerdas. Sistem ini dapat memudahkan navigasi terminal, menyediakan informasi penerbangan real-time, dan layanan personalisasi. Pada akhirnya akan mengoptimalkan manajemen lalu lintas udara dan penanganan bagasi serta meningkatkan efisiensi dan keamanan.

Penerapan IoT di bandara juga memungkinkan operator untuk memonitor aset secara efektif dan amaan. Hal ini dengan mengurangi waktu tunggu penumpang dan memastikan keberlangsungan operasi yang lancar. Dengan demikian, bandara pintar menawarkan solusi komprehensif untuk tantangan operasional sekaligus meningkatkan kepuasan penumpang.

Penerapan IoT dalam Penerbangan

IoT dalam penerbanganPenggunaan Internet of Things (IoT) dalam industri penerbangan membuka peluang baru untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan. Berikut ini adalah beberapa penerapan kunci IoT dalam penerbangan yang telah mengubah cara industri ini beroperasi.

Aircraft Predictive Maintenance

Pemeliharaan prediktif pada pesawat menggunakan data yang terkumpul melalui sensor IoT untuk memprediksi kapan komponen pesawat membutuhkan perawatan atau penggantian. Hal Ini memungkinkan maskapai untuk melakukan pemeliharaan sebelum terjadi kerusakan dan meningkatkan keamanan penerbangan. Dengan demikian, akan meningkatkan efisiensi operasional, baik secara biaya maupun tenaga.

Fuel Efficiency

IoT memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar pesawat. Sensor yang terpasang pada pesawat mengumpulkan data tentang penggunaan bahan bakar dan kondisi penerbangan. Informasi ini kemudian melalui analisis untuk mengidentifikasi cara-cara mengurangi konsumsi bahan bakar. Hal ini tidak hanya mengurangi biaya operasional tetapi juga membantu dalam mengurangi jejak karbon industri penerbangan.

Flight Data Monitoring

Monitoring data penerbangan melalui IoT memungkinkan maskapai dan awak pesawat untuk memiliki akses ke data penerbangan secara real-time. Informasi ini berguna untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi penerbangan dengan memonitor kondisi pesawat dan kinerja penerbangan. Ini juga membantu dalam analisis pasca-penerbangan untuk memperbaiki operasi di masa mendatang.

Weather Monitoring

Cuaca menjadi hal yang krusial bagi dunia penerbangan. Pemantauan cuaca menggunakan teknologi IoT memberikan informasi cuaca yang akurat dan tepat waktu kepada pilot dan pusat kontrol penerbangan. Dengan demikian, dapat membantu dalam mengambil keputusan terkait rute penerbangan untuk menghindari kondisi cuaca buruk, meningkatkan keselamatan, dan mengurangi keterlambatan.

Air Traffic Management

Air traffic management merupakan salah satu teknologi penerbangan yang inovatif. Manajemen lalu lintas udara menjadi lebih efisien dengan penerapan IoT. Sensor dan teknologi komunikasi memungkinkan pertukaran data secara real-time antara pesawat dan pusat kontrol lalu lintas udara sehingga memungkinkan untuk manajemen lalu lintas udara yang lebih presisi dan mengurangi risiko tabrakan di udara.

Baggage Tracking

Pelacakan bagasi menggunakan IoT memungkinkan penumpang dan maskapai untuk melacak keberadaan bagasi secara real-time. Sensor dan tag RFID terpasang pada bagasi untuk memastikan bahwa bagasi dapat terlacak dari titik keberangkatan hingga kedatangan. Teknologi penerbangan ini memungkinkan untuk mengurangi kemungkinan bagasi hilang atau salah tempat.

Cabin IoT

Kenyamana penumpang menjadi salah satu aspek yang tidak tertinggal dalam implementasi IoT di penerbangan. IoT pada kabin pesawat meningkatkan pengalaman penumpang dengan menyediakan layanan yang lebih personal dan otomatis. Dari penyesuaian pencahayaan dan suhu hingga hiburan dalam penerbangan, IoT memungkinkan pengalaman yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi penumpang. 

Manfaat IoT dalam Penerbangan

IoT dalam penerbanganSelayaknya IoT pada transportasi yang lain, adopsi IoT dalam industri penerbangan telah membawa sejumlah manfaat. Mulai dari meningkatkan operasional hingga pengalaman penumpang dapat teratasi dengan IoT. Berikut ini adalah manfaat IoT dalam penerbangan yang perlu Anda simak!

Optimasi operasi bandara

Operasional dalam bandara sangat rumit menginga jumlah orang yang berdatangan tidak sedikit. IoT memungkinkan optimasi operasi bandara melalui manajemen sumber daya yang lebih baik dan peningkatan alur penumpang. Dengan teknologi ini, bandara dapat mengurangi waktu tunggu, meningkatkan keamanan, dan memastikan pengalaman yang lebih lancar bagi penumpang.

Pemeliharaan pesawat yang lebih baik

Manfaat utama dari IoT adalah pemeliharaan pesawat yang lebih baik. Dengan pemeliharaan prediktif, maskapai dapat mengurangi downtime pesawat dan memastikan bahwa pesawat beroperasi dalam kondisi optimal. Dengan demikian akan meningkatkan keamanan dan keandalan penerbangan.

Peningkatan pengalaman penumpang

IoT memberikan kesempatan untuk meningkatkan pengalaman penumpang dengan layanan yang lebih personal dan responsif. Dari check-in hingga kedatangan, teknologi ini memungkinkan pengalaman yang lebih mulus dan memuaskan bagi penumpang. Selain itu, IoT dalam cabin memungkinkan penumpang untuk merasakan pengalaman penerbangan yang lebih inovatif. 

Efisiensi bahan bakar dan pengurangan emisi

Meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi adalah manfaat penting dari penerapan teknologi penerbangan. Dengan monitoring yang lebih baik dan pengelolaan data penerbangan, maskapai dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar dan dampak lingkungan. Oleh karena itu, IoT dalam pesawat terbang tentu memberikan efisiensi operasional bagi perusahaan penerbangan.

Manajemen logistik yang lebih efisien

Proses untuk mengelola logistik berupa barang-barang penumpang merupakan hal yang rumit dan perlu ketelitian. IoT memungkinkan manajemen logistik yang lebih efisien, termasuk pelacakan bagasi dan pengelolaan kargo. Hal ini mengurangi risiko kehilangan atau kerusakan barang dan memastikan pengiriman yang lebih tepat waktu.

Kesimpulan

IoT dalam penerbangan adalah konsep teknologi memanfaatkan sensor dan perangkat cerdas. Sistem ini dapat memudahkan navigasi terminal, menyediakan informasi penerbangan real-time, dan layanan personalisasi. Dalam penerapannya, kenyamanan dan keamanan penumpang melalui operasional yang berkualitas menjadi hal yang ditekankan oleh teknologi internet of things.

Penerapan IoT dalam industri penerbangan telah membawa transformasi yang signifikan. Dari pemeliharaan pesawat yang lebih efisien hingga peningkatan pengalaman penumpang, manfaat IoT luas dan beragam. Dengan kemajuan teknologi ini, industri penerbangan berada di ambang era baru efisiensi, keamanan, dan keberlanjutan yang lebih besar.

 

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more