Keamanan Data Center

Beberapa aspek penting dalam menjaga keamanan data center meliputi visibilitas,  segmentasi, dan perlindungan ancaman. Setiap lapisan keamanan ini berfungsi untuk memastikan bahwa data tetap aman, terjaga integritasnya, dan tersedia setiap saat dibutuhkan. Artikel ini akan mengeksplorasi lebih dalam setiap aspek keamanan data center secara lengkap!

Konsep dan Cara Kerja Keamanan Data Center

Data Center adalah tempat untuk menampung sistem komputer dan komponen terkait, seperti sistem penyimpanan data (storage) dan jaringan komunikasi.  Keamanan data center adalah langkah yang diambil untuk melindungi infrastruktur fisik dan data digital dari berbagai ancaman. Ini mencakup penggunaan kontrol akses, seperti biometrik dan kartu identifikasi serta Kamera CCTV untuk memastikan lingkungan tetap aman.

Di sisi jaringan keamanan data center, firewall dan sistem deteksi intrusi bekerja untuk mencegah serangan siber, dan enkripsi menjaga data tetap aman saat disimpan dan dikirimkan. Data sensitif dipisahkan dari akses publik melalui segregasi jaringan, dan backup rutin memastikan data bisa dipulihkan jika terjadi kegagalan. Selain itu, . Data sensitif dipisahkan dari akses publik melalui segregasi jaringan, dan backup rutin memastikan pemulihan data saat kegagalan.

Mengapa Keamanan Pusat Data Penting

Keamanan Data CenterKeamanan data center sangat penting karena melindungi data sensitif dan menjaga keberlangsungan operasional bisnis. Data center menyimpan informasi penting seperti data pelanggan dan transaksi bisnis yang harus dilindungi dari akses yang tidak sah dan pencurian. Dengan memastikan data center aman, perusahaan dapat menghindari downtime yang merugikan dan menjaga reputasi mereka. 

Selain itu, banyak industri diatur oleh undang-undang yang mengharuskan perlindungan data, sehingga keamanan data center membantu perusahaan mematuhi regulasi dan menghindari sanksi hukum. Kepercayaan pelanggan juga bergantung pada keamanan data mereka. insiden keamanan dapat merusak kepercayaan ini dan menyebabkan hilangnya pelanggan.

Aspek Penting Keamanan Data Center

Keamanan Data CenterData center berfungsi sebagai pusat penyimpanan dan pengelolaan informasi yang sangat penting bagi operasional perusahaan. Keamanan data center menjadi prioritas utama untuk melindungi data dari ancaman internal maupun eksternal. Berikut ini adalah beberapa aspek penting yang digunakan untuk menunjang keamanan data center yang perlu Anda simak!

1. Visibilitas

Visibilitas memungkinkan pemantauan real-time terhadap lingkungan data center. Ini penting karena memungkinkan deteksi segera terhadap anomali atau potensi ancaman. Peringatan real-time dapat diaktifkan untuk akses yang tidak sah, perubahan lingkungan (seperti suhu dan kelembaban), atau aktivitas jaringan yang tidak biasa. Visibilitas juga berperan dalam mengoptimalkan manajemen sumber daya data center.

2. Segmentasi

Segmentasi memungkinkan pembatasan akses berdasarkan peran dan tanggung jawab pengguna. Dengan membatasi akses ke bagian tertentu dari data center atau data yang sensitif hanya kepada pengguna yang membutuhkannya, risiko pelanggaran keamanan dapat diminimalkan. Contohnya adalah hanya admin IT yang memiliki akses ke konfigurasi jaringan, sementara staf lain hanya memiliki akses ke data yang relevan dengan pekerjaan.

3. Perlindungan ancaman

Perlindungan terhadap ancaman memerlukan deteksi dan respons real-time. Ini berarti menggunakan sistem yang dapat mengidentifikasi ancaman segera setelah mereka muncul dan merespons dengan cepat untuk mengurangi dampaknya. Salah satunya menggunakan sistem Intrusion Detection System (IDS) dan Intrusion Prevention System (IPS) yang dapat mendeteksi aktivitas mencurigakan.

Tingkat Keamanan Data Center

Keamanan Data CenterAncaman terhadap data center datang dari berbagai arah, termasuk serangan siber, bencana alam, dan kesalahan manusia. Oleh karena itu, mengimplementasikan langkah-langkah keamanan yang komprehensif dan canggih merupakan salah satu upaya memaksimalkan pengelolaan data center. Berikut ini adalah tingkatan keamanan data center yang perlu Anda ketahui!

1. Tier 1: Basic Site Infrastructure

Tier 1 merupakan tingkat dasar dari keamanan data center. Data center pada level ini memiliki komponen infrastruktur yang minimal dan tanpa redundansi, artinya semua elemen seperti pasokan listrik dan sistem pendingin memiliki jalur tunggal tanpa cadangan. Komponen yang digunakan umumnya adalah peralatan komersial standar tanpa perlindungan terhadap kegagalan komponen.

2. Tier 2: Redundant Site Infrastructure

Tier 2 meningkatkan infrastruktur dasar dengan menambahkan komponen redundan untuk sistem daya dan pendingin. Meskipun masih menggunakan jalur distribusi tunggal, adanya redundansi (N+1) memastikan bahwa jika satu komponen gagal, ada cadangan yang dapat menggantikan fungsi komponen yang rusak. Tingkat ini memberikan perlindungan terhadap gangguan yang disebabkan oleh kegagalan komponen peralatan atau distribusi.

3. Tier 3: Concurrently Maintainable Site Infrastructure

Tier 3 menawarkan tingkat keamanan dan keandalan yang lebih tinggi dengan memungkinkan pemeliharaan pada semua komponen utama tanpa harus menghentikan operasi data center. Sistem redundansi (N+1) memungkinkan pemeliharaan tanpa gangguan operasional. Tingkat ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar dengan kebutuhan IT yang sangat kritis.

4. Tier 4: Fault Tolerant Site Infrastructure 

Tier 4 adalah tingkat tertinggi dari standar data center dan menawarkan ketahanan terhadap kegagalan dengan redundansi penuh pada semua komponen infrastruktur. Data center pada tingkat ini dapat terus beroperasi meskipun ada kegagalan atau pemeliharaan pada komponen apa pun. Hal ini karena semua komponen memiliki cadangan ganda (2N). Keamanan data center ini digunakan oleh bisnis dengan yang tidak dapat mentolerir downtime, seperti bank besar, perusahaan e-commerce besar, dan layanan kesehatan.

Solusi Monitoring Data Center Terbaik

keamanan data centerPT Synapsis Sinergi Digital adalah solusi terbaik untuk menerapkan keamanan data center Anda melalui fitur-fitur unggul.  Dengan sistem pemantauan canggih kami, masalah overheating yang dapat merusak peralatan dapat diatasi dengan monitoring suhu dan kelembaban secara real-time. Aliran udara yang tidak efisien dapat dikelola dengan lebih baik melalui sensor aliran udara. 

Keamanan data center Anda diperkuat dengan fitur kontrol akses pintu dan pengawasan CCTV yang canggih, memungkinkan deteksi pelanggaran keamanan secara cepat dan akurat. Dengan tambahan notifikasi multi-platform yang mencakup WhatsApp, email, dan Telegram, Anda selalu mendapatkan informasi terkini tentang kondisi data center Anda. Ingin menggunakan platform lain? Konsultasikan saja dengan kami!

Kami memahami pentingnya menjaga keamanan dan ketersediaan data center, dan itulah mengapa solusi kami didesain untuk memberikan uptime SLA 99.9%, dukungan sistem 24/7, dan garansi perangkat keras selama 3 tahun. Segera konsultasikan kebutuhan Anda bersama Synapsis dan ubah data center Anda menjadi sebuah sistem yang efisien dan aman dari kegagalan-kegagalan. Hubungi kami disini sekarang juga!

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more