Internet & marketplace telah mengubah fungsi bisnis saat ini. Berkat teknologi, usaha kecil/pemula saat ini sudah mampu menembus pasar menandingi pemain yang sudah mapan.
loT adalah titik balik baru dalam dunia digital. loT dapat mengantarkan dunia baru bagi pertumbuhan dan profitabilitas bagi bisnis yang berbasis teknologi.
Penggunaan perangkat loT saat ini juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal tersebut dikarenakan perusahaan dapat terbantu dengan data pelanggan yang dikumpulkan oleh sistem IoT.
Melalui data pelanggan tersebut, pelanggan pun dapat memahami harapan dan perilaku pelanggan dengan lebih baik.
loT tentunya juga dapat meningkatkan layanan pelanggan dengan memfasilitasi tindak lanjut setelah penjualan.
Misalnya, melalui pelacakan otomatis dan mengingatkan pelanggan tentng pemeliharaan yang diperlukan atas peralatan yang dibeli setelah periode penggunaan yang telah ditentukan, berakhirnya masa garansi, dan lain sebagainya.
Penggunaan loT dalam memaksimalkan kepuasan pelanggan juga dapat dilihat sebagai berikut
- Meningkatkan Kenyamanan Pelanggan
Teknologi IoT yang semakin berkembang telah menghadirkan Smart Home yang bermanfaat dalam memberikan kenyamanan kepada pelanggan. Manfaat pertama dari Smart Home ialah merubah pekerjaan rumah dari yang semula manual menjadi banyaknya otomatisasi. Seperti Smart Lamp yang dapat menjadwalkan lampu tersebut dapat menyala ketika hari mulai gelap dan mati di pagi hari.
loT dalam meningkatkan kenyaman pelanggan juga bisa dirasakan dalam hal lain, seperti tracking GPS pada pengiriman barang yang dapat membuat pelanggan dapat memonitor progress kurir secara real-time, sehingga lebih merasa aman dan nyaman ketika memesan dan menunggu barang tersebut tiba.
Kenyamanan dan kepuasan pelanggan erhadap penerapan loT juga dapat membantu customer service dan teknisi lainnya dalam menghadapi komplain pelanggan menggunakan data loT CS, sehingga dapat dengan mudah mengetahui permasalahan pelanggan secara lebih mendetail.
Contohnya, ketika terdapat pelanggan yang mengeluhkan elektronik mereka rusak. Melalui teknologi lot teknisi dapat mengetahui penyebab kerusakan barang tersebut dan kapan elektronik tersebut berakhir masa garansinya, sehingga dapat lebih efektif dalam membantu permasalahan pelanggan.
Internet & marketplace telah mengubah fungsi bisnis saat ini. Berkat teknologi, usaha kecil/pemula saat ini sudah mampu menembus pasar menandingi pemain yang sudah mapan.
loT adalah titik balik baru dalam dunia digital. loT dapat mengantarkan dunia baru bagi pertumbuhan dan profitabilitas bagi bisnis yang berbasis teknologi.
Penggunaan perangkat loT saat ini juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal tersebut dikarenakan perusahaan dapat terbantu dengan data pelanggan yang dikumpulkan oleh sistem loT.
Melalui data pelanggan tersebut, pelanggan pun dapat memahami harapan dan perilaku pelanggan dengan lebih baik.
loT tentunya juga dapat meningkatkan layanan pelanggan dengan memfasilitasi tindak lanjut setelah penjualan.
Misalnya, melalui pelacakan otomatis dan mengingatkan pelanggan tentng pemeliharaan yang diperlukan atas peralatan yang dibeli setelah periode penggunaan yangn telah ditentukan, berakhirnya masa garansi, dan lain sebagainya.
- Efisiensi Energi
Melalui loT, pelanggan dapat melakukan efisiensi energi serta menghemat energi listrik. Adanya Smart Lamp yang dapat dijadwalkan, akan mati ketika pagi hari dan menyala ketika hari mulai gelap secara otomatis tentunya berpotensi untuk menghemat tagihan listrik jika seandainya pelanggan lupa untuk mematikan listrik.
Selain itu, terdapat juga Thermostat Next yang bisa menghemat lebih dari 10% energi yang biasanya digunakan untuk pemanasan dan pendinginan dengan mempelajari kebiasaan penghuni rumah dan melakukan otomatisasi penghidupan dan pematian alat pemanas/pendingin ruangan semisal pelanggan sedang pergi.