asset tracking adalah

Asset tracking adalah konsep kunci dalam manajemen aset modern yang memainkan peran vital dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis. Perkembangan teknologi yang canggih telah merubah pelacakan aset yang sudah terintegrasi dengan berbagai operasional bisnis. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian, jenis, dan manfaat asset tracking.

Asset Tracking Adalah

Asset tracking adalah proses pemantauan aset fisik sebuah perusahaan menggunakan teknologi seperti barcode, RFID, atau GPS. Sebagi salah satu penerapan IoT dalam bisnis, proses ini memungkinkan perusahaan untuk mengontrol dan mengelola aset mereka secara efektif. Dengan asset tracking, perusahaan dapat meminimalisir hilangnya aset dan mengoptimalkan penggunaannya.

Asset tracking memberikan wawasan mendalam tentang lokasi, status, dan pemeliharaan aset. Ini membantu dalam pengambilan keputusan strategis terkait alokasi dan penggunaan aset. Proses ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi aset yang tidak digunakan atau perlu pembaharuan.

Cara Kerja Asset Tracking Adalah

asset tracking adalah

Cara kerja asset tracking berawal dari penandaan setiap aset menggunakan teknologi seperti barcode, RFID, GPS, atau sensor IoT. Identifikasi ini memuat informasi penting tentang aset, seperti spesifikasi, lokasi, dan status pemeliharaan. Informasi ini kemudian terintegrasi ke dalam sistem manajemen aset untuk analisis real-time, memudahkan pengelolaan yang akurat dan efisien. Teknologi ini memungkinkan pemantauan lokasi, kondisi, dan pemeliharaan aset dengan cepat dan tepat.

Dengan cara ini, perusahaan dapat meningkatkan akurasi inventaris, mengoptimalkan penggunaan aset, dan mencegah hilangnya aset berharga. Contoh manajemen aset cenderung beragam sesuai dengan aset yang dimiliki. Dalam aset konstruksi,  seperti pelacakan dan pengelolaan peralatan berat, seperti ekskavator, crane, dan truk, serta material bangunan. Sedangkan dalam aset IT seperti pembaharuan software.

Jenis Sistem Asset Tracking

Dalam mengelola aset, perusahaan memiliki beragam pilihan teknologi untuk melakukan pelacakan. Berbagai jenis sistem asset tracking tersedia untuk memenuhi kebutuhan berbeda, mulai dari teknologi RFID hingga GPS. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai jenis sistem asset tracking.

RFID (Radio Frequency Identification)

RFID atau Radio Frequency Identification adalah sebuah teknologi yang memungkinkan identifikasi dan pelacakan objek menggunakan sinyal radio. RFID menggunakan gelombang radio untuk membaca dan menangkap informasi yang tertanam dalam tag yang terpasang pada aset. Teknologi ini memungkinkan pemindaian cepat dan dapat menangani banyak aset sekaligus.

Barcode

Barcode merupakan metode klasik dalam sistem pelacakan aset yang memanfaatkan simbol optik untuk mengkodekan informasi. Kelebihan utama dari barcode adalah biayanya yang ekonomis dan kemudahan penggunaannya. Walaupun setiap barcode harus dipindai secara individual, metode ini masih banyak dipilih karena efisiensi dan praktikalitasnya dalam pengelolaan aset.

GPS (Global Positioning System)

GPS atau Global Positioning System adalah sebuah sistem navigasi yang menggunakan sinyal satelit untuk menentukan lokasi secara akurat. GPS memungkinkan pelacakan aset secara real-time di seluruh dunia, memberikan informasi lokasi yang akurat. Teknologi ini sangat berguna terutama untuk memantau kendaraan dan aset bergerak lainnya sehingga meningkatkan efisiensi operasional.

IoT (Internet of Things)

IoT atau Internet of Things merupakan sebuah konsep yang menjelaskan bahwa objek atau perangkat yang terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi tanpa campur tangan manusia. IoT menghubungkan aset dengan internet, memungkinkan pemantauan dan analisis data secara real-time. Ini meningkatkan visibilitas dan kontrol atas aset di lokasi yang berbeda.

NFC (Near Field Communication)

Sebagai sebuah teknologi komunikasi nirkabel yang memungkinkan transfer data jarak dekat, NFC memungkinkan komunikasi dua arah antara aset dan perangkat pembaca melalui sentuhan. Jenis ini ideal untuk aplikasi yang membutuhkan verifikasi keamanan atau interaksi cepat seperti pembayaran tol digital atau akses pintu.

Bluetooth Low Energy (BLE)

BLE adalah teknologi nirkabel yang hemat energi, cocok untuk pelacakan aset dalam jarak pendek. Teknologi ini biasanta digunakan dalam lingkungan indoor untuk menemukan aset secara akurat, memungkinkan perusahaan untuk mengelola inventaris dengan lebih efisien. Dengan menggunakan BLE, perusahaan dapat memantau lokasi aset secara real-time dengan biaya dan konsumsi energi yang lebih rendah.

Ultrasonic Tracking

Ultrasonic tracking menggunakan gelombang suara untuk menentukan posisi aset dengan akurasi tinggi. Teknologi ini efektif dalam lingkungan indoor saat sinyal GPS atau radio seringkali tidak terlalu akurat. Dengan memanfaatkan gelombang suara, ultrasonic tracking memungkinkan perusahaan untuk melacak pergerakan aset dengan detail yang lebih baik dalam ruangan.

Manfaat Sistem Asset Tracking untuk Bisnis

asset tracking adalah

Asset tracking atau aset manajemen adalah sebuah solusi yang dapat memberikan kemudahan dalam melacak lokasi aset. Sistem asset tracking sering menjadi prioritas bagi bisnis karena pengaruhnya yang cukup krusial. Berikut ini adalah manfaat dari sistem asset tracking yang perlu Anda simak!

Pelacakan Aset Tetap

Sistem asset tracking membantu perusahaan memonitor dan mengelola aset tetap dengan lebih efisien. Dengan adanya sistem ini, risiko kehilangan atau pencurian aset dapat diminimalkan secara signifikan. Hal Ini memberikan perlindungan tambahan terhadap aset yang berharga bagi perusahaan.

Pencatatan Aset Tetap yang Efektif

Dengan asset tracking, perusahaan dapat melakukan pencatatan aset tetap mereka dengan tingkat akurasi yang tinggi. Hal ini memudahkan proses penilaian ulang dan penyesuaian nilai aset sesuai dengan kondisi aktualnya. Dengan data yang tercatat secara akurat, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih tepat terkait manajemen dan perencanaan aset.

Meningkatkan Pengawasan Aset

Teknologi asset tracking memungkinkan perusahaan untuk melakukan pengawasan aset dengan lebih ketat. Dengan kemampuannya memantau kondisi aset secara real-time, perusahaan dapat memastikan bahwa aset dimanfaatkan secara optimal sesuai dengan kebutuhan operasional. Ini membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam pengelolaan aset perusahaan. 

Pemahaman Tentang Penyusutan Aset Tetap

Melalui pelacakan aset, perusahaan dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang proses penyusutan aset mereka. Hal ini memberikan informasi penting untuk perencanaan keuangan jangka panjang serta pengambilan keputusan terkait penggantian aset yang tepat waktu. Dengan demikian, perusahaan dapat mengelola aset mereka dengan lebih efektif dan efisien.

Meningkatkan Efisiensi Audit Aset 

Data yang akurat dan terkini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses audit. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memenuhi persyaratan audit dengan lebih mudah dan tepat waktu. Dengan demikian, perusahaan dapat menghindari potensi sanksi atau masalah kepatuhan yang dapat timbul akibat keterlambatan atau ketidakakuratan data.

Perbedaan Asset Tracking vs Inventory Tracking

asset tracking adalah

Asset tracking dan Inventory Tracking sering dianggap sebagai hal yang sama meskipun keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang jelas. Asset tracking fokus pada pemantauan aset tetap yang memiliki nilai signifikan dan umur panjang. Sedangkan inventory tracking berkonsentrasi pada pengelolaan stok barang yang beredar dan dikonsumsi dalam jangka pendek.

Kedua proses ini penting untuk pengelolaan aset dan inventori yang efektif, namun memiliki tujuan dan aplikasi yang berbeda dalam praktik bisnis. Asset tracking lebih berorientasi pada pengelolaan dan pemeliharaan aset berharga seperti peralatan, mesin, dan kendaraan. Sedangkan, inventory tracking mengutamakan efisiensi dalam mengelola barang dagangan, bahan baku, atau komponen produksi. 

Kesimpulan

Sistem asset tracking menjadi sangat penting bagi kesuksesan perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi seperti RFID, GPS, dan IoT,  perusahaan dapat melacak aset mereka secara efisien dan akurat. Manfaat dari sistem ini sangatlah beragam, mulai dari meminimalkan risiko kehilangan atau pencurian aset, meningkatkan pengawasan kondisi aset, hingga meningkatkan efisiensi proses audit. 

Optimalkan sistem asset tracking Anda dengan solusi dari Synapsis yang mampu menghadirkan keunggulan kompetitif. Dengan integrasi teknologi terbaru dan tim ahli kami, Anda dapat memiliki visibilitas penuh terhadap aset Anda, memaksimalkan penggunaan, dan meningkatkan produktivitas. Segera hubungi kami untuk konsultasikan kebutuhan manajemen aset Anda.

 

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more