perbedaan WSN dan IoT

Perbedaan WSN dan IoT merupakan suatu hal yang sering disebut dalam pembahasan teknologi. Meskipun keduanya melibatkan penggunaan sensor nirkabel untuk mengumpulkan data, ada perbedaan signifikan antara keduanya. Berikut ini adalah 5 perbedaan WSD dan IoT yang perlu Anda simak!

Rangkuman

  • Wireless Sensor Network (WSN) adalah jaringan sensor nirkabel yang terdiri dari node sensor yang tersebar pada suatu area untuk mengumpulkan dan mentransmisikan data secara nirkabel.
  • Internet of Things (IoT) adalah konsep yang mengacu pada jaringan perangkat yang terhubung ke internet untuk mengumpulkan, mentransmisikan, dan menganalisis data guna meningkatkan efisiensi yang lebih baik.
  • Perbedaan WSN dan IoT secara umum terletak pada tujuan, skala dan jangkauan, sensor dan node, protokol, hingga implementasinya.

Apa itu WSN dan IoT

IoT dan WSN terlihat sekilas memiliki kesamaan arti dan penggunaan meskipun keduanya berbeda. Wireless Sensor Network (WSN) adalah jaringan sensor nirkabel yang terdiri dari node sensor yang tersebar pada suatu area untuk mengumpulkan dan mentransmisikan data secara nirkabel. Sedangkan, Internet of Things (IoT) adalah konsep yang mengacu pada jaringan perangkat yang terhubung ke internet untuk mengumpulkan, mentransmisikan, dan menganalisis data guna meningkatkan efisiensi yang lebih baik. 

IoT adalah konsep yang lebih luas daripada WSN, dengan mencakup berbagai perangkat yang terhubung ke internet, seperti sensor, perangkat pintar, dan perangkat elektronik lainnya. WSN, di sisi lain, secara khusus fokus pada penggunaan sensor nirkabel untuk mengumpulkan data dari lingkungan fisik. Oleh karena itu, secara konsep keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Perbedaan WSN dan IoT 

perbedaan WSN dan IoT Pemahaman mengenai konsep Wireless Sensor Network dan Internet of Things seringkali mendapatkan kekeliruan. Meskipun memiliki kesamaan dengan melibatkan sensor nirkabel untuk proses transmisinya, WSN dan IoT memiliki perbedaan dalam hal pendekatan, tujuan, dan aplikasi keduanya. Berikut ini adalah ulasan lengkap megnenai perbedaannya

Tujuan Utama

Perbedaan WSN dan IoT yang pertama adalah berkaitan dengan tujuan. Secara umum, tujuan utama dari WSN adalah untuk mengumpulkan data dari lingkungan fisik menggunakan sensor nirkabel dan mentransmisikannya ke titik pengumpulan data. Sementara itu, tujuan utama dari IoT adalah untuk menghubungkan perangkat dari berbagai jenis dan sumber yang berbeda ke internet untuk meningkatkan konektivitas dan mengoptimalkan proses

Skala dan Jangkauan

Dalam hal jaringan dan jangkauan, antara WSN dan IoT memiliki perbedaan pula. WSN biasanya beroperasi dalam skala yang lebih kecil dan jangkauan yang terbatas, terutama penggunaan dalam area tertentu atau dalam aplikasi yang spesifik. Pada sisi lain, IoT dapat beroperasi dalam skala yang lebih besar dan jangkauan yang lebih luas, melibatkan perangkat dari berbagai lokasi geografis yang terhubung melalui internet.

Fokus pada Sensor dan Node

Wireless Sensor Network menempatkan penekanan yang lebih besar pada penggunaan sensor fisik dan node sensor dalam jaringannya. Setiap node sensor biasanya terdiri dari sensor fisik dan perangkat komunikasi untuk mengumpulkan dan mentransmisikan data. Sedangkan Internet of Things (IoT)  mencakup berbagai jenis perangkat, termasuk sensor, perangkat pintar, dan perangkat elektronik lainnya. Hal ini menandakan bahwa fokus IoT lebih luas.

Komunikasi dan Protokol

IoT menggunakan berbagai protokol komunikasi, seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan Zigbee, untuk menghubungkan perangkat ke internet. Protokol ini dirancang untuk. Protokol ini dirancang untuk menjamin kestabilan dan keamanan koneksi antara perangkat, serta memungkinkan pertukaran data yang efisien di seluruh jaringan. Sedangkan, WSN biasanya menggunakan protokol komunikasi yang dioptimalkan untuk efisiensi pengiriman data dari node sensor ke node basis atau sink.

Aplikasi dan Kasus Penggunaan

Internet of Things atau IoT memiliki implementasi yang lebih luas, termasuk smart home, smart city, smart healthcare, dan banyak lagi. Pengaplikasian ini melibatkan berbagai jenis perangkat yang terhubung ke internet untuk memberikan layanan yang lebih baik dan efisien. Sedangkan, WSN sering berguna untuk aplikasi pada bidang lingkungan, kesehatan, pertanian, dan manufaktur, di mana pengumpulan data dari lingkungan fisik sangat penting. 

Kesimpulan

Dalam membandingkan Wireless Sensor Network (WSN) dengan Internet of Things (IoT), perbedaan yang signifikan adalah dalam pendekatan, tujuan, dan aplikasi keduanya. WSN lebih berfokus pada pengumpulan data dari lingkungan fisik dengan menggunakan sensor nirkabel. Sedangkan, IoT bertujuan untuk menghubungkan berbagai perangkat ke internet guna meningkatkan konektivitas dan mengoptimalkan proses. 

Selain itu, perbedaan terdapat pada komunikasi dan protokol yang digunakan, dengan IoT menggunakan berbagai protokol komunikasi untuk menghubungkan perangkat ke internet, sementara WSN menggunakan protokol yang dioptimalkan untuk efisiensi pengiriman data dari node sensor.

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more