Terkait Internet of Things dan Wireless Sensor Networks ini ternyata kerap kali menimbulkan kerancuan loh!

Yuk simak perbedaan utama antara Internet of Things dengan Wireless Sensor Networks ini.

Dalam sistem IoT, semua sensor langsung mengirimkan informasinya ke internet. Misalnya, sensor dapat digunakan untuk memantau suhu badan air. Dalam hal ini, data akan segera atau secara berkala dikirim langsung ke internet, dimana server dapat memproses data tersebut dan dapat diinterpretasikan pada front-end interface.

Sebaliknya, dalam WSN tidak ada koneksi langsung ke internet. Sebaliknya, berbagai sensor terhubung ke semacam router atau node pusat. Seseorang kemudian dapat merutekan data dari router atau node pusat sesuai keinginan mereka. Dikatakan demikian, sistem IoT dapat memanfaatkan jaringan sensor nirkabel dengan berkomunikasi dengan routernya untuk mengumpulkan data.

WSN sebagai Subset dari IoT

IoT ada di level yang lebih tinggi daripada WSN. Dengan kata lain, WSN seringkali merupakan teknologi yang digunakan dalam sistem IoT. Kumpulan besar sensor, seperti dalam jaringan mesh , dapat digunakan untuk mengumpulkan data secara individual dan mengirim data melalui router ke internet dalam sistem IoT.

Penting juga untuk dicatat bahwa istilah “Wireless Sensor Networks” hampir tidak mencakup “internet of things”. WSN terdiri dari jaringan yang hanya terdiri dari sensor nirkabel. Jika jaringan menyertakan sensor kabel, itu tidak dapat lagi diberi label “Wireless Sensor Networks” ini tidak seperti IoT. Pada dasarnya perangkat apa pun yang terhubung ke internet dapat dianggap sebagai perangkat IoT. Oleh karena itu, “sistem IoT” dapat diartikan sebagai sekelompok banyak perangkat IoT.

Contoh
Lemari es dengan kemampuan mengirimkan pembacaan suhu ke internet tidak mungkin menggunakan jaringan sensor nirkabel tetapi itu adalah perangkat IoT.

Kumpulan besar sensor yang digunakan untuk memantau curah hujan di lahan seluas satu hektar kemungkinan akan dianggap sebagai “Wireless Sensor Networks” jika sebenarnya semua sensor adalah nirkabel. Sistem ini bisa saja mungkin atau mungkin tidak terhubung ke sistem IoT.

Secara sederhana dapat disederhanakan sebagai berikut:

Internet-of-Things – Sambungan perangkat, umumnya tidak termasuk smartphone, laptop, atau PC, ke internet. Selain itu, seperti yang dikatakan oleh Business Insider, “[a] setiap perangkat yang terhubung ke internet yang berdiri sendiri yang dapat dipantau dan/atau dikendalikan dari lokasi jarak jauh dianggap sebagai perangkat IoT.”

Jaringan Sensor Nirkabel – Kumpulan sensor nirkabel yang bisa saja mungkin atau mungkin tidak terhubung ke internet.

Referensi :
http://www.businessinsider.com/internet-of-things-definition

https://ieeexplore.ieee.org/document/7868374/