
Sektor pendidikan adalah salah satu yang paling adaptif dan efektif dalam hal penerapan perangkat IoT untuk penggunaannya, agar pendidikan lebih kolaboratif, interaktif, dan dapat diakses oleh semua orang.
Perangkat IoT memberi siswa akses yang andal ke segala hal mulai dari materi pembelajaran hingga saluran komunikasi hingga pemahaman yang baik, dan mereka memberi guru kemampuan untuk mengukur kemajuan belajar siswa secara real-time.
Berbicara tentang pendidikan, pandemi COVID-19 cukup menonjolkan keberadaan esensial sumber pendidikan. IoT hanya memungkinkan pergeseran dalam metodologi pengajaran dari tradisional ke digital dengan beberapa manfaat tambahan dan peningkatan efisiensi. Ini dapat digunakan untuk mengajar semua mata pelajaran mulai dari bahasa hingga matematika hingga pengajaran keterampilan praktis seperti ilmu kedokteran dengan penggunaan grafik dan animasi untuk meningkatkan pemahaman yang lebih baik tentang materi pelajaran.
Ketika kita berbicara tentang IoT dalam pendidikan, terutama menunjukkan penggabungan perangkat pintar berbasis digital dan internet untuk siswa dan guru di lembaga pendidikan. Platform pendidikan modern mengadaptasi perangkat seperti e-book yang dapat diunduh dan tersedia dengan fitur pembesaran dan penyimpanan. Papan pintar sebagai pengganti papan tulis yang dapat digunakan untuk menulis dengan spidol dan juga dapat menampilkan gambar serta topik terkait grafis kepada siswa.
Perangkat tersebut terhubung ke server pusat yang dapat mengontrol dan memantau kategorisasi silabus dan topik-bijaksana untuk siswa. Tidak hanya itu, sistem perintah suara untuk guru, sistem pencatatan berbasis teks untuk siswa, kamera keamanan pintar, bus sekolah yang dilengkapi pelacak GPS, alarm dan tablet bencana, serta ponsel cerdas dengan aplikasi pendidikan mengubah cara sekolah tradisional dan sistem pendidikan selalu beroperasi.
Fitur-fitur ini membuatnya lebih aman, nyaman, dan dapat diakses oleh siswa, guru, dan orang tua. Ini adalah fakta yang dipahami dengan baik bahwa transisi langsung cara pengajaran dan metodologi tidak dapat diimplementasikan tetapi secara perlahan dan bertahap perangkat tersebut dipersonalisasi dan diperbarui dengan perangkat lunak yang diperlukan.
Dalam hal ini, siswa dapat membaca buku-buku tradisional namun dapat memanfaatkan IoT dalam bentuk papan pintar di kelas yang menampilkan versi animasi dan 3D dari topik yang dijelaskan untuk mendorong pembelajaran yang lebih baik.