Alat Berat Wheel Loader

Alat berat Wheel loader adalah alat berat yang sangat penting untuk berbagai operasi pengangkutan dan pemuatan material. Selain fungsi utamanya, perawatan rutin dan tepat terhadap wheel loader tak kalah penting untuk memastikan alat ini beroperasi dengan optimal Artikel ini akan membahas mengenai apa itu loader serta tips alat berat wheel loader.. 

Apa itu Loader (Alat Berat Wheel Loader)?

Alat berat Wheel Loader dalam industri pertambangan adalah alat berat yang dirancang untuk memuat, mengangkat, dan memindahkan material. Hal ini dilakukannya dengan menggunakan bucket besar yang terpasang di bagian depan. Loader ini sangat penting dalam operasi penambangan karena fleksibilitas dan efisiensinya dalam menangani berbagai tugas berat.

Banyak perusahaan tambang kini fokus pada keberlanjutan dengan menggunakan alat berat wheel loader yang lebih efisien bahan bakar dan ramah lingkungan. Teknologi mesin yang lebih efisien dan penggunaan bahan bakar alternatif membantu mengurangi emisi karbon dan dampak lingkungan dari operasi tambang. Hal ini biasanya mereka optimalkan dengan menggunakan teknologi seperti predictive maintenance dan fleet management system.

Fungsi Alat Berat Wheel Loader

Fungsi utama alat berat wheel loader di tambang adalah memuat material yang diekstraksi seperti bijih, batu bara, atau overburden ke dalam truk pengangkut. Dengan kapasitas bucket yang besar dan daya angkat yang tinggi, wheel loader memungkinkan pemuatan material dalam jumlah besar dengan efisien​. Selain itu, Wheel loader digunakan untuk membentuk dan mengelola tumpukan material yang ditambang.

Dengan menggunakan attachment khusus, alat berat wheel loader dapat digunakan untuk menggali dan mengeruk material di lokasi tambang. Fleksibilitas ini memungkinkan wheel loader untuk menangani tugas penggalian skala kecil hingga menengah​. Dalam proses persiapan lahan tambang, wheel loader digunakan untuk membersihkan area kerja dari puing-puing atau batu.

Jenis Alat Berat Wheel Loader

Alat Berat Wheel LoaderWheel loader adalah salah satu jenis alat berat tambang yang sangat esensial dalam industri pertambangani. Alat ini memiliki berbagai varian dan tipe yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik di lapangan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis alat berat wheel loader.

1. Compact Wheel Loader

Compact Wheel Loader adalah jenis wheel loader yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan wheel loader pada umumnya. Bentuknya lebih kompak dan lincah, memungkinkan alat ini beroperasi dengan baik di area yang lebih sempit. Banyak compact wheel loader yang dilengkapi dengan fitur attachment yang dapat diganti-ganti, seperti fork, grapples, dan auger, sehingga memperluas fungsionalitas alat ini.

2. Backhoe Loader

Backhoe Loader adalah jebus alat berat wheel loader serbaguna yang merupakan kombinasi dari tiga alat utama: traktor, loader, dan backhoe (ekskavator kecil). Alat ini digunakan untuk mengangkut material tambang seperti pasir, kerikil, dan lainnya.Beberapa model terbaru dari backhoe loader dilengkapi dengan teknologi canggih seperti sistem kontrol joystick, stabilizer otomatis, dan monitor layar sentuh. 

3. Skid Steer Loader

Skid Steer Loader adalah alat berat berukuran kecil yang dilengkapi dengan dua lengan pengangkat dan alat kerja yang dapat diganti-ganti, seperti bucket, fork, atau auger. Alat ini digunakan untuk mengangkut material dari satu tempat ke tempat lain, terutama di area yang sulit dijangkau oleh alat berat yang lebih besar.Di tambang bawah tanah, skid steer loader sangat berguna karena ukurannya yang kecil dan kemampuan manuvernya.

4. Compact Track Loader

Compact Track Loader (CTL) adalah alat berat yang mirip dengan skid steer loader tetapi menggunakan track atau rantai karet alih-alih roda. Di beberapa proyek tambang besar, CTL telah digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang sangat menantang. Misalnya, dalam proyek tambang emas di Nevada, CTL digunakan untuk menggali parit untuk sistem drainase di medan berbatu dan berlumpur yang tidak bisa dijangkau oleh alat berat lain. 

5. Integrated Tool Carrier

Integrated Tool Carrier (ITC) adalah jenis alat berat wheel loader yang dirancang untuk membawa dan mengoperasikan berbagai macam attachment (perangkat tambahan). Alat ini cukup versatile untuk kegiatan yang membutuhkan kecepatan. Seperti yang terjadi di Australia, ITC digunakan di tambang batu bara untuk pemasangan cepat dan efisien dari pipa saluran air. Hal ini diperlukan untuk mengendalikan debu di lokasi tambang. 

6. Front End Loader

Front End Loader (FEL) adalah alat berat wheel loader dengan bucket besar di bagian depan untuk mengangkat dan memindahkan berbagai material tambang. Salah satu fungsi utama FEL di tambang adalah untuk memuat material yang diekstraksi, seperti bijih, batu bara, atau overburden, ke dalam truk pengangkut.   Dalam operasi heap leach, FEL dapat  menangani dan memindahkan bijih yang dihancurkan untuk membuat tumpukan bijih. 

7. Payloader

Payloader digunakan untuk membersihkan area tambang dari puing-puing, batu, dan rintangan lainnya, serta untuk mempersiapkan lahan untuk operasi penambangan. Payloader pertama kali ditemukan oleh Frank G. Hough pada tahun 1939. Desain asli ini terus berkembang menjadi alat berat modern yang kita kenal sekarang, dengan peningkatan dalam efisiensi, daya angkat, dan kemampuan manuver.

Tips Merawat Alat Berat Wheel Loader

Alat Berat Wheel LoaderKondisi pertambangan yang sering kali berat dan lingkungan operasional sangat menantang membuat  wheel loader membutuhkan perawatan alat berat rutin. Dengan perawatan yang tepat, bukan hanya performa alat yang terjaga, tetapi juga keselamatan kerja dan efisiensi biaya operasional. Simak penjelasan lengkap mengenai tips merawat alat berat wheel loader berikut!

1. Lakukan pemeriksaan rutin

Pemeriksaan rutin membantu mendeteksi masalah kecil sebelum menjadi kerusakan besar. Hal  Ini membantu memperpanjang umur pakai wheel loader dengan memastikan komponen-komponennya berfungsi optimal. Selain itu, Alat berat yang dirawat dengan baik bekerja lebih efisien, mengurangi konsumsi bahan bakar, dan meningkatkan produktivitas di lapangan.

2. Ganti oli dan filter secara berkala

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antara komponen bergerak. Dengan pelumasan yang tepat, komponen mesin dapat bergerak dengan lancar untuk mengurangi keausan. Sedangkan, dengan mengganti filter secara berkala memastikan bahwa oli tetap bersih dan bebas dari partikel-partikel yang dapat merusak mesin alat berat wheel loader.

3. Rawat sistem hidraulik

Sistem hidraulik pada alat berat wheel loader menggerakkan berbagai komponen seperti boom, bucket, dan sistem kemudi. Jika tdak dirawat dengan baik dapat meningkatkan ketahanan komponen hingga dua kali lipat. Salah satu praktik terbaik dalam perawatan sistem hidraulik adalah penggunaan filtrasi berkualitas tinggi untuk menghilangkan partikel dan kontaminan dari cairan hidraulik. 

Solusi Synapsis untuk Merawat Alat Berat Wheel Loader

Alat Berat Wheel Loader Synapsis adalah solusi terbaik untuk memastikan alat berat wheel loader Anda tetap beroperasi dengan optimal melalui teknologi smart mining yang inovatif. Dengan platform CONNEX, Synapsis menghadirkan sensor canggih yang dapat diintegrasikan dengan: collisions avoidance system, fleet management system, dan predictive maintenance. Solusi ini dapat mengurangi risiko kecelakaan dan downtime di lapangan.

Synapsis menawarkan solusi end-to-end yang komprehensif sehingga biaya implementasi cenderung lebih murah. Fleksibilitas adalah kunci, dan setiap solusi dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda dengan memastikan implementasi teknologi yang tepat dan efisien. Segera beralih ke solusi cerdas dari Synapsis dan rasakan manfaatnya dalam operasional tambang Anda.

Asyraf AdhikaAuthor posts

Avatar for Asyraf Adhika

A talented SEO content writer with nearly a year of experience, I have carved out a niche in the bustling world of technology and business digitalization through IoT, ERP, and many more